Kamis 17 Desember 2020, 21:50 WIB

Demi Korona Pemkot Cirebon Larang Perayaan Tahun Baru

Nurul Hidayah | Nusantara
Demi Korona Pemkot Cirebon Larang Perayaan Tahun Baru

Istimewa
Ilustrasi

 

 PEMERINTAH Kota Cirebon melarang perayaan tahun baru baik di dalam maupun di luar ruangan. Pelarangan ini demi mencegah kerumunan yang dapat meningkatkan potensi kasus Covid-19

Melalui Surat Edaran (SE) Nomor 443/89-Adm.Pem.Um tertanggal 16 Desember 2020 tentang Pembatasan Aktivitas/Kegiatan Pada Momen Pergantian Tahun Baru 2021 di Kota Cirebon, Walikota Cirebon, Nashrudin Azis melarang segala bentuk aktivitas perayaan tahun baru 2021 baik di tempat tertutup maupun di tempat terbuka.

"Kegiatan perdagangan dan jasa di malam tahun baru itu juga dibatasi hanya hingga pukul 22.00 WIB," tegas Nashrudin Azis, Kamis (17/12). Selain itu, aktivitas masyarakat juga dibatasi hanya hingga pukul 22.00 WIB.

Larangan tersebut dikecualikan untuk fasilitas pertahanan dan keamanan, pelayanan kesehatan, jasa perbankan, distribusi logistik, pekerjaan konstruksi, unit produksi yang membutuhkan proses berkelanjutan, industri mikro dan kecil, rumah potong hewan, apotik, SPBU dan jasa penyedia akomodasi (khusus untuk penerimaan tamu menginap).

Selama ini, lanjut Azis, Kota Cirebon selalu kedatangan banyak orang selama libur natal dan pada perayaan tahun baru. Jika dibiarkan dirayakan, maka berpotensi terjadinya klaster baru. "Kasus warga Kota Cirebon yang terpapar covid-19 saat ini sudah diluar prediksi kita," ungkap Azis.

Sebelumnya Pemkot memprediksi pada Desember 2020 jumlah warga Kota Cirebon yang terpapar covid-19 ada di angkat 1.500 an. Tapi sekarang sudah melebihi. Untuk itu segala kegiatan yang berpotensi menimbulkan terjadinya kerumunan, termasuk perayaan malam tahun baru ditiadakan.

Kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Cirebon, jelas dia, dipersilahkan untuk datang dan menginap. Namun, tidak diperkenankan melakukan perayaan malam tahun baru. Mereka tetap bisa menikmati lokasi wisata yang ada di Kota Cirebon dengan tetap menjalakan protokol kesehatan. (OL-13)

Baca Juga: Peringatan 16 Tahun Tsunami Aceh Digelar Sederhana

Baca Juga

MI/Adi Kristiadi

Kejati Jabar Tangkap DPO Korupsi Menyamar Petani di Ciamis

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 25 Mei 2022, 05:50 WIB
KEJATI Jawa Barat bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Ciamis menangkap seorang buronan kasus korupsi yang ditetapkan oleh Kejaksaan Tinggi...
dok.ist

Emak-Emak di Sumut Nilai Ganjar Nasionalis Religius

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 05:40 WIB
KOORDINATOR Mak Ganjar Sumut Nour Wahyuni menilai Ganjar adalah sosok yang nasionalis, religius, dan...
Dok. Ini Viie Hospitality

Aksari Villa Tawarkan Liburan Romantis di Seminyak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:55 WIB
Mengusung Perfect Romantic Stay dengan tawaran villa satu kamar yang sudah dilengkapi kolam renag privat dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya