Jumat 11 Desember 2020, 05:50 WIB

Banjir di Kudus Meluas

Akhmad Safuan | Nusantara
Banjir di Kudus Meluas

ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Petani mengoperasikan mesin pompa air untuk menyedot air yang menggenangi sawah di Desa Wonosoco, Kudus, Rabu (9/12/2020).

 

BENCANA banjir yang melanda Kabupaten Kudus, Jawa Tengah meluas. Persawahan yang terendam banjir mencapi 1.643,5 hektare meningkat dari sebelumnya 1.574 hektare. Banjir juga merendam jalan alternatif Kayen-Kudus, tepatnya di Desa Kasiyan, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati.

"Lahan sawah terendam banjir dengan ketinggian 50-100 centimeter semakin meluas, meskipun kami sudah kerahkan pompa air untuk menyedot air guna menyelematkan tanaman padi petani," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Perkebunan (TPP) Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kudus Dewi Masitoh, Kamis (11/12).

Menurutnya sehari sebelumnya jumlah lahan persawahan di Kudus terendam banjir 1.574 hektare kini meningkat menjadi 1.643,5 hektare atau bertambah 69,5 hektare. Pemkab Kudus berupaya melakukan penyelamatan tanaman padi petani.

Selain lakukan penyedotan, saat ini sedang dilakukan pendataan asuransi usaha tani pangan (AUTP) pada petani yang sawahnya rusak akibat banjir. Berdasarkan data dari 45 ribu petani di Kudus, 60% di antaranya ikut Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) berdasarkan program pemerintah dan 40 persen lainnya mandiri.

baca juga: Hujan Datang, Sampang Selalu Tenggelam

Kepala Pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetyo secara terpisah mengatakan genangan banjir di jalan Kayen-Kudus karena intensitas hujan tinggi sehingga saluran irigasi tidak mampu menampung volume air yang meningkat.

Meskipun banjir di ruas jalan tersebut belum sampai ke permukiman penduduk, petugas terus melakukan pemantauan dan dikhawatirkan akan semakin membesar bila intensitas hujan terus meningkat. (OL-3)

Baca Juga

MI/Kristiadi

Ratusan Sepeda Motor Dipaksa Putar Balik di Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Minggu 09 Mei 2021, 06:53 WIB
Ratusan kendaraan bermotor itu diperintahkan berputar balik karena pengendaranya tidak bisa menunjukkan keterangan bebas covid-19 berupa...
MI/Sumaryanto Bronto

Danau Kelimutu Ditutup Bagi Wisatawan saat Lebaran 2021

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 09 Mei 2021, 01:30 WIB
Danau Kelimutu tiga warna yang ada di Woloara, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT ditutup bagi wisatawan domestik dan mancanegara saat...
MI/Adi Kristiadi

Malam Ini Ratusan Kendaraan Pemudik Diputar Balik di Gentong

👤Kristiadi 🕔Minggu 09 Mei 2021, 01:10 WIB
RATUSAN sepeda motor dari arah Bandung menuju Tasikmalaya, diminta putar balik oleh petugas gabungan di pos penyekatan Gentong, Kecamatan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Gelombang Ketiga Covid tidak Terhindarkan di India

Varian baru ialah faktor penyebab di balik gelombang kedua yang ganas di negara itu dengan kemungkinan lebih banyak muncul.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya