Selasa 01 Desember 2020, 11:46 WIB

336 Warga KRB III Merapi Bertahan di Pengungsian

Djoko Sardjono | Nusantara
336 Warga KRB III Merapi Bertahan di Pengungsian

MI/Djoko Sardjono
Pengungsi di barak Balai Desa Balerante, Kabupaten Klaten

 

HINGGA Senin (30/11) malam sebanyak 336 warga kawasan rawan bencana (KRB) III Gunung Merapi di Kecamatan Kemalang, Klaten, masih bertahan di barak Balai Desa Balerante dan Balai Desa Tegalmulyo.

"Dari total 336 pengungsi, 280 di antaranya ditampung di barak Balai Desa  Balerante, dan 56 pengungsi lainnya di Balai Desa Tegalmulyo," kata Humas BPBD Klaten, Nur Tjahjono, Selasa (1/12).

Pengungsi yang ditampung di barak Desa Balerante asal Dukuh Sambungrejo, Gondang, Ngelo, Ngipiksari, dan Sukorejo. Sedangkan pengungsi di Balai Desa Tegalmulyo warga Dukuh Canguk, Sumur, dan Pajegan.

Sementara itu, sebanyak 130 ekor sapi peliharaan warga lereng Gunung Merapi asal Dukuh Sambungrejo, Ngipiksari, Gondang, Ngelo, dan Sukorejo telah diungsikan di kandang komunal Desa Balerante.

Kondisi pengungsi secara umum cukup baik. Tidak terkecuali pengungsi kelompok rentan, seperti bayi, lansia, anak-anak, difabel, ibu menyusui, dan ibu hamil. Pengungsi kelompok rentan sebanyak 152 orang. Warga Desa Balerante dan Desa Tegalmulyo mulai mengungsi sehari setelah BPPTKG Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari waspada (level II) menjadi siaga (level III) pada 5 November 2020.

BPPTKG, kata Nur Tjahjono, menetapkan Desa Balerante, Tegalmulyo, dan Sidorejo masuk KRB III Gunung Merapi. Namun, warga Desa Sidorejo hingga saat ini belum ada yang mengungsi. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA

Masyarakat Sulut Diminta Waspada Bencana Hidrometeorologi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Januari 2021, 03:00 WIB
Cuaca ekstrem di Sulawesi Utara pada beberapa hari belakangan ini, menurut pantauan BMKG, lanjut dia, selain La Nina ada beberapa fenomena...
Antara

Tiga Wakil Rektor USU Tolak SK Rektor Soal Autoplagiat

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 21:24 WIB
Ketiganya meyakini keputusan tersebut tidak melalui mekanisme pengambilan keputusan yang sesuai...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Gunung Semeru Kembali Keluarkan Awan Panas Guguran 4,5 Km

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 20:30 WIB
Gunung Semeru mengeluarkan awan panas dengan jarak 4,5 kilometer di daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya