Senin 23 November 2020, 02:55 WIB

Tujuh Orang masih Tertimbun di Lubang Tambang

(SS/AD/N-3) | Nusantara
Tujuh Orang masih Tertimbun di Lubang Tambang

Proses evakuasi jenazah penambang yang tewas di lubang tambang yang jebol di Sungai Seribu RT 06, Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara, Jumat, 20 November 2020.

 

SELAMA empat hari proses evakuasi penambang yang tertimbun tanah longsor di Desa Sungai Seribu, Pangkut, Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, sudah dilakukan. Namun, dari 10 korban, baru tiga orang yang bisa ditemukan sudah tidak bernyawa.

Kemarin, Polres Kotawaringin Barat menetapkan dua orang sebagai tersangka. H, mandor, dan RF, pemodal, ditetapkan sebagai pelaku tindak pidana pertambangan tanpa izin. "RF, yang juga pemilik lahan, memberikan modal kepada H, untuk melaksanakan aktivitas penambangan emas secara ilegal," ungkap Kabid Humas Polda Kalimantan Tengah, Komisaris Besar Hendra Rohmawan.

Tanah longsor di penambangan ilegal itu terjadi pada Kamis (19/11). Para penambang itu menggali lobang sampai 60 meter ke dalam tanah dengan diameter lobang sekitar 1 meter. Ketika hujan deras, tanah di sekitar tambang runtuh dan mengubur mereka.

Para penambang itu berasal dari sejumlah desa di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. "Mereka sudah bertahun-tahun merantau untuk mencari emas. Banyak di antaranya yang menambang di Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatra," kata Eka, 43, kerabat salah satu korban. (SS/AD/N-3)

Baca Juga

dok.mi

Puluhan Pelajar SMP di Surabaya Terpapar Covid-19

👤Faishol Taselan 🕔Selasa 01 Desember 2020, 19:50 WIB
SATGAS Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, Jawa Timur melakukan tracing 36 siswa SMP yang diketahui terpapar...
 MI/Gabriel Langga

Jalan Rusak Parah Perniagaan Warga Desa Pogon Terhambat

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 01 Desember 2020, 19:35 WIB
KONDISI jalan raya di Desa Pogon, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur rusak...
MI/Rudi Kurniawansyah

Setelah Istri, Gubernur Riau Terkonfirmasi Positif Covid-19

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:40 WIB
GUBERNUR Riau Syamsuar dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah sehari sebelumnya Misnarni, istri Syamsuar dinyatakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya