Rabu 28 Oktober 2020, 13:21 WIB

Waspadai Cuaca Ekstrem Selama Liburan Panjang

Widjajadi | Nusantara
Waspadai Cuaca Ekstrem Selama Liburan Panjang

MI/Widjajadi
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan agar masyarakat yang sedang libur panjang agar mewaspadai cuaca ekstrim, sebagai upaya menghindarkan diri dari bencana alam dan dampak yang ditimbulkannya. Hal tersebut ditegaskan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto yang meneruskan pesan BMKG Ahmad Yani Semarang terkait prediksi cuaca ekstrim pada beberapa hari kedepan.

Bambang Haryanto menyatakan, saat menikmati libur panjang, warga harus mewaspadai adanya potensi bencana alam yang tidak diinginkan. BMKG terus melakukan update informasi cuaca beberapa hari kedepan selama libur panjang.

"Ini penting, karena menurut BMKG,beberapa hari ke depan di wilayah Jawa Tengah masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. BMKG Ahmad Yani Semarang terus memantau dinamika atmosfir dan menyampaikannya ke masyarakat," ungkap Bambang Haryanto, Rabu (28/10).

Menurutnya yang perlu diwaspadai terhadap potensi cuaca ekstrim itu adalah munculnya puting beliung, angin kencang, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es dan lain lain, hingga dampak yang ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, pohon tumbang dan jalan licin.

baca juga: Wisatawan Mulai Antri Sejak Pagi di Gerbang Wisata Lembang

Sesuai prediksi BMKG Ahmad Yani Semarang, hampir semua wilayah di Jawa Tengah pada rentang masyarakat menikmati liburan panjang diterpa potensi cuaca ekstrim. Untuk wilayah Solo Raya yang meliputi Kota Solo, Sukoharjo, Klaten, Karanganyar, Boyolali,Sragen dan Wonigiri, cuaca ekstrim yang bisa memunculkan dampak bencana akan terjadi pada 30 dan 31 Oktober.

"Untuk Solo Raya ada dua hari yang diprediksi akan terjadi cuaca ekstrim selama masyarakat menikmati liburan panjang. Semoga diwaspadai bersama, untuk menghindarkan diri dari bencana dan dampaknya yang muncul,"pungkas Bambang.(OL-3)
 

Baca Juga

MI/Agus Utantoro

Dua Kekuatan Pemulihan Ekonomi DIY Lewat Pariwisata dan Pendidikan

👤Agus Utantoro 🕔Jumat 04 Desember 2020, 06:55 WIB
Pemulihan perekonomian di Daerah Istimewa Yogyakarta akibat pandemi covid-19 akan bertumpu pada dua kekuatan. Yakni pariwisata dan...
MI/Gabriel Langga

Pertamina Maumere Pastikan Suplai BBM Aman Jelang Nataru

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 04 Desember 2020, 06:54 WIB
Stok BBM di terminal BBM Maumere akan disalurkan ke wilayah Nusa Tenggara Timur II yang meliputi Larantuka, Kalabahi, Atapupu, Waingapu,...
MI/Djoko Sardjono

Pilkada, Polres Klaten Terjunkan 638 Personel Pengamanan TPS

👤Djoko Sardjono 🕔Jumat 04 Desember 2020, 06:41 WIB
Sebanyak 638 personel Polres Klaten, Jawa Tengah, akan diterjunkan untuk pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan bupati dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya