Minggu 06 September 2020, 15:05 WIB

11 Kabupaten di Jateng Diimbau Siaga Kekeringan

Liliek dharmawan | Nusantara
11 Kabupaten di Jateng Diimbau Siaga Kekeringan

MI/Djoko Sardjono
BPBD Klaten menyalurkan bantuan air bersih di salah satu desa kekeringan di Kecamatan Kemalang, Klaten, Rabu (2/9).

 

Sebanyak 11 kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) diminta untuk mewaspadai kekeringan meteorologis. Sementara sejumlah kabupaten di Jateng selatan terus menyuplai kebutuhan air bersih untuk wilayah yang mengalami kekeringan.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan bahwa berdasarkan pemantauan yang dilakukan Stasiun Klimatologi Semarang, di Jateng ada 11 kabupaten yang berpotensi mengalami kekeringan meteorologis. 

Baca juga: Gerakan Siaga Desa TBC Untuk Mengeliminasi Tuberkulosis

"Kabupaten yang masuk kategori siaga adalah Brebes, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Purworejo dan Demak. Lima kabupaten lainnya adalah Jepara, Kudus, Pati, Rembang dan Wonogiri," jelas Rendi pada Minggu (6/9).

Menurutnya, berdasarkan prakiraan pada dasarian (10 hari) pertama bulan September, ada 60% daerah yang masuk kriteria hujan dengan intensitas rendah atau di bawah 50 mm. Ada beberapa daerah yang tidak mengalami hujan sangat panjang antara 31-60 hari yakni Gunem di Kabupaten Rembang, kemudian Rawalo, Banyumas, Losari dan Larangan di Brebes dan Trenggiling di Purbalingga.

Sementara Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy mengungkapkan bahwa di Cilacap sudah ada satu desa yang kini disuplai air bersih. 

"Yakni Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten dengan sasaran sebanyak 94 keluarga atau 332 jiwa. BPBD Cilacap telah menyuplai 
kebutuhan air bersih sebanyak 5 ribu liter," ujarnya.

Tri Komara mengatakan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kondisi kekeringan di Cilacap tahun ini tidak parah. Sebab, selama musim kemarau, masih ada hujan, sehingga belum banyak desa yang mengalami krisis air bersih. (H-3)

Baca Juga

DOK  MI

Longsor Di Sibolangit Tewaskan Empat Orang

👤Widhoroso 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 00:07 WIB
EMPAT orang dilaporkan meninggal dunia akibat longsor di jalur Medan-Berastagi, tepatnya di kawasan tikungan PDAM Tirtanadi, Sibolangit,...
Ist

Bantu Kesejahteraan Warga, Civitas UP Tanam Empon di Kawasan Eko Wisata

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 22:41 WIB
Universitas Pancasila (UP) melakukan penanaman bibit empon-empon  di Kawasan Lembah Cisadane, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu...
Ist

Kementan Genjot Kesejahteraan Kelompok Wanita Tani di Sulsel 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 22:20 WIB
Kegiatan pemberdayaan kelompok wanita tani (KWT) yang sudah dilaksanakan, selain bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya