Jumat 28 Agustus 2020, 17:10 WIB

Pandemi tak Batasi untuk Asah Inspirasi

Lilik Darmawan | Nusantara
Pandemi tak Batasi untuk Asah Inspirasi

MI/Lilik Darmawan
Koordinator Sekolah Inspirasi Pedalaman (SIP) Maitsa Putri Shafa

 

SEBELUM pandemi merebak di berbagai daerah di Indonesia termasuk Banjarnegara, Jawa Tengah pada Februari dan Maret, Sekolah Inspirasi Pedalaman (SIP) Banjarnegara telah menggelar Nongkrong Inspirasi (Nongki). Acara yang diperuntukkan bagi para fasilitator yang siap diterjunkan pada program SIP tahun 2020.

Pada Februari, ada sharring pengalaman soal kuliah di luar negeri dan bagaimana cara mendapatkan beasiswa. Kemudian pada Maret, SIP mendatangkan seorang aktivis perempuan yang melaksanakan kerja-kerja pemberdayaan di perbatasan, tepatnya di Sebatik, Kalimantan Utara.

"Sengaja kami mendatangkan untuk men-charge kami sebagai pendamping atau fasilitator. Jadi, Mbak Fatimah madjid sengaja dihadirkan untuk memberikan motivasi bagaimana memberdayakan dan mendampingi di wilayah perbatasan yang terpencil. Tentu ini akan relate dengan yang dikerjakan oleh SIP,"kata Koordinator SIP Maitsa Putri Shafa atau yang akrab dipanggil Eta kepada Media Indonesia.

Nongki secara offline terhenti pada Maret dan SIP memutuskan untuk tidak melakukan penerjunan ke desa pada tahun 2020. "Setelah terjadi pandemi, semuanya memang berubah. Kami harus beradaptasi. Misalnya, dengan kondisi pandemi tidak mungkin memaksakan diri untuk terjun mendampingi anak-anak di desa seperti kondisi normal. Selain itu, tidak arif juga ketika menggelar acara Nongki secara tatap muka yang tentu akan berpotensi memunculkan kerumunan. Itu harus disadari," ujarnya.

Maka sejak April hingga Agustus, seluruh kegiatan Nongki dilaksanakan secara daring, bahkan rapat-rapat dengan para pendamping. "Memang, ada perbedaan, tetapi bedanya cuma soal tatap muka dengan daring. Tetapi, sesekali kami mengadakan pertemuan terbatas menyangkut persoalan yang urgen. Yang pasti, karena kondisi pandemi, maka dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Apa yang dibahas? Nah, jika sebelumnya kami berbagi ilmu dengan anak-anak di pedalaman, kini saatnya kami dibagi ilmu oleh mereka oara expert di bidangnya untuk menambah pengetahuan para fasilitator," kata Eta.

Dijelaskan oleh Eta, salah satu yang mendapat penuh misalnya soal, kesehatan mental saat pandemi, home schooling, sampai pendidikan berbasis fitrah. Bahan-bahan kajian memang sengaja dikaitkan dengan pandemi Covid-19.

"Misalnya soal kesehatan mental, ini penting karena dengan situasi pandemi, banyak yang tidak keluar rumah dan rentan stress. Nah, para pendamping dapat mempelajari sekaligus mempraktikannya bagaimana agar tetap bisa sabar dalam menghadapi kondisi," ujar Eta.

Menurutnya, bagi para pendamping, tidak saja mendapat ilmu semata, melainkan juga dapat menerapkan di keluarga masing-masing. "Misalnya, ketika ada bahan mengenai pendidikan berbasis fitrah. Itu benar-benar sangat menarik bagi para pendamping. Artinya, dalam memberikan pendampingan, biarlah anak-anak menyesuaikan fitrahnya, sesuai kemampuan dan talentanya masing-masing. Jadi pendidikan bukan dalam bentuk pemaksaan, melainkan memberikan kesempatan kepada anak-anak itu untuk tumbuh berkembang menyesuaikan kemampuannya masing-masing. Nah, inilah yang dapat diterapkan oleh para pendamping. Karena saat sekarang belum terjun ke desa pedalaman, ya paling tidak untuk adik-adiknya di rumah. Apalagi, pada umumnya pelajaran saat ini dilaksanakan secara daring," ujarnya

Menurutnya, selain dapat diterapkan untuk adik-adiknya, sesungguhnya itu juga dapat diaplikasikan bagi dirinya sendiri. "Jadi, sebetulnya meski saat sekarang pandemi, kami tetap akan terus mengasah inspirasi. Memang, ada kendala saat terjadi pandemi Covid-19, namun SIP masih dapat bergerak untuk mengasah inspirasi. Ini yang akan menjadi modal untuk penerjunan nanti pada 2021 mendatang," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga

dok.ist

Santri di Banten Doa Bersama untuk Indonesia Lebih Baik di 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 09:05 WIB
RATUSAN santri di daerah paling selatan Provinsi Banten mengikuti acara doa bersama di Pesantren Daarul Fikri Malingping, Kadujajar,...
Dok. Pribadi

Komisaris Polisi "Shah Rukh Khan" Pimpin Pengibaran Bendera di Bawah Laut Berau

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 08:46 WIB
Ramadhanil mewakili Polres Berau memimpin pengibaran bendera Merah Putih di bawah perairan Pulau Maratua, dengan kedalaman 17 meter di...
Ist/PLN Babel

HUT ke-77 RI, PLN Babel Terangi Masyarakat dan Wisata Pantai Tambak Sukamandi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 08:26 WIB
Pemerintah Kabupaten Belitung Timur sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada PT. PLN yang menyediakan jaringan listrik di salah satu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya