Kamis 27 Agustus 2020, 17:30 WIB

Bangun PLTS, Itera Jalin Kerja Sama dengan Pemda, Swasta, dan BUMN

mediaindonesia.com | Nusantara
Bangun PLTS, Itera Jalin Kerja Sama dengan Pemda, Swasta, dan BUMN

Ist
Peresmian groundbreaking pembangunan PLTS di Lahan Kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera), Lampung.

 

DALAM upaya merealisasikan penggunaan energi bersih, segera akan dibangun proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di lahan seluas 1 hektare milik Itera (Institut Teknologi Sumatera) di wilayah Provinsi Lampung.

Pada pertengahan Agustus 2020, tiga pihak yang terdiri PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy), Itera, dan Wijaya Karya Energi (Wika Energi) telah sepakat menjalin kemitraan dalam membangun proyek PLTS. PLTS berkapasitas 1 MW ini merupakan PLTS ground-mounted pertama dan terbesar di antara seluruh universitas di Indonesia.

Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc, Ph.D, mengatakan,“Itera mengharapkan pembangunan PLTS ini segera rampung sehingga mahasiswa Itera bisa segera melakukan penelitian terkait sistem energi tenaga surya yang tergolong sebagai teknologi baru ini.”

“Jika selama ini mahasiswa hanya mendengar dan tahu teori saja, tahun 2021 nanti mereka sudah bisa melihat dan belajar langsung karena benda dan teknologinya ada di wilayah mereka sendiri,” jelas Prof.Ofyar pada keterangan pers, Kamis (27/8).

Sementara itu, Donny Safrudin, Head of Sales SUN Energy, mengatakan royek PLTS ini adalah keberhasilan sinergi dari pemerintah daerah Lampung, BUMN, sektor pendidikan, dan pihak swasta untuk meningkatkan penggunaan energi baru dan terbarukan demi masa depan energi yang lebih baik.

“SUN Energy sebagai penyedia akses energi bersih, mulai dari tahap desain, konstruksi, pembiayaan, hingga pemeliharaan PLTS hingga 25 tahun ke depan, menyambut baik setiap inisiatif yang diprakarsai oleh sektor pendidikan untuk berkontribusi menjaga lingkungan dengan menggunakan energi bersih,”ujar Donny.

Kerjasama industri lainnya yang dilakukan SUN Energy adalah pembangunan instalasi sistem energi tenaga surya di Gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip), yang diresmikan Presiden Jokowi via teleconference pada 26 Agustus 2020.

Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan, menurut Donny,  yaitu dengan membangun infrastruktur yang memadai. “Melalui instalasi sistem energi tenaga surya yang dilakukan oleh SUN Energy ini, beban listrik lembaga pendidikan tinggi dapat lebih ringan dan bisa menjadi sarana penelitian tentang energi baru dan terbarukan,” jelasnya.

“Instalasi PLTS di lingkungan pendidikan tinggi, selain dapat menghemat biaya listrik di universitas, juga menjadi sarana penelitian dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang energi baru dan terbarukan,” ujar Donny.

“SUN Energy mengajak lembaga pendidikan tinggi lain untuk berinisiatif menggunakan sistem energi tenaga surya karena SUN Energy dapat menyediakan sistem tenaga surya tanpa biaya di muka, yang dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan mahasiswa dan dosen demi menciptakan sumber daya manusia sehingga mampu berinovasi dan bermanfaat bagi Indonesia,” tuturnya. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

MI/widjajadi

Gibran Sapa Warga Usai Salat Id di Pendopo Balai Kota Solo

👤Widjajadi 🕔Kamis 13 Mei 2021, 10:40 WIB
Usai pelaksanaan salat Id, Wali Kota Gibran menghampri satu persatu jamaah salat dan menyampaikan ucapan selamat Idul...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Pemudik di Kota Yogyakarta Tercatat 225 Orang

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 13 Mei 2021, 10:40 WIB
Mereka, sebagian besar, melakukan isolasi di rumah dan sebagian lagi isolasi di hotel. Mereka sebagian besar membawa surat jalan dan surat...
MI/Widjajadi

Takbir Keliling Terjadi di Kawasan Dalam Benteng Keraton Surakarta

👤Widjajadi 🕔Kamis 13 Mei 2021, 00:06 WIB
Usai salat tarawih, Rabu (12/5), jemaah masjid di kawasan permukiman Baluwarti yang berada di dalam benteng Keraton Surakarta melakukan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya