Senin 17 Agustus 2020, 15:05 WIB

Ada 25 Kecamatan di Jateng Berkategori Awas Kekeringan

Lilik Darmawan | Nusantara
Ada 25 Kecamatan di Jateng Berkategori Awas Kekeringan

Antara
Warga berjalan di sekitar pohon jati yang mulai meranggas di Mulo, Wonosari, Gunungkidul, DI Yogyakarta Sumber: https://mediaindonesia.com/

 

SEBANYAK 25 kecamatan yang tersebar di delapan kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) masuk dalam kategori awas kekeringan. Sebab, ada sejumlah daerah yang tidak mengalami hujan cukup lama.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengutip prakiraan yang dikeluarkan BMKG Semarang menyebutkan, 25 kecamatan yang masuk kategori awas kekeringan tersebar di Kabupaten Sragen, Kebumen, Klaten, Wonogiri, Purworejo, Jepara, Karanganyar dan Sukoharjo.

"Dari delapan kecamatan itu, ada dua yang paling banyak kecamatan dengan status awas yakni Kebumen dengan lima kecamatan dan Wonogiri dengan delapan kecamatan," kata Rendi, Senin (17/8).

Baca Juga: BMKG Prediksi Kemarau 2020 Mundur

Menurutnya, berdasarkan prakiraan pada Agustus hingga awal September mendatang, intensitas hujan diperkirakan mencapai 10-50 milimeter (mm) atau masuk dalam kategori rendah.

"Sementara untuk wilayah paling lama tidak turun hujan adalah wilayah Masaran, Sragen selama 72 hari, kemudian Mirit, Kebumen, kemudian Bawak, Klaten dan Wuryantoro, Wonogiri selama 71 hari. Sementara di Badegolan, Kebumen dan Pituruh, Purworejo tidak turun hujan selama 70 hari," jelasnya. (OL-13)

Baca Juga: Mitigasi dan Adaptasi Kekeringan Ekstrem

Baca Juga

NTARA/Rivan Awal Lingga

Disiplin tidak Ke Luar Daerah, Warga Baduy Terbebas Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Masyarakat Baduy lebih mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna mencegah penularan virus...
Antara

Pusat Layanan Kesehatan Dukung Pariwisata Labuan Bajo

👤Eni Kartinah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Dalam pengembangan pariwisata Labuan Bajo, Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat juga melibatkan bidang kesehatan berupa pelayanan...
Antara

Kemacetan Lalin di Lokasi Longsor Deli Sedang Diatur Polisi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:29 WIB
Petugas kepolisian juga melakukan buka tutup jalur, demi kelancaran lalu lintas di lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya