Minggu 12 Juli 2020, 13:07 WIB

Serangan Hama Belalang di Sumba Timur Meluas

Palce Amalo | Nusantara
Serangan Hama Belalang di Sumba Timur Meluas

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Ilustrasi: Hama Belalang di Gunungkidul

 

SERANGAN hama belalang kembara (locusta migratoria) di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) meluas. Sesuai laporan Minggu (12/7), serangan hama belalang telah mencapai 13  titik termasuk Bandar Udara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, ibu kota Kabupaten Sumba Timur. Sebelumnya serangan hama belalang dilaporkan di tiga titik.

"Selain positif covid-19 bertambah, hama belalang juga sudah menyerang di 13 titik, tentunya kita butuh kewaspadaan yang luar biasa," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumba Timur Mikail Kalilaki.

Menurutnya, petugas gabungan bersama petugas dari dinas pertanian telah melakukan penyemprotan pestisida di bandara untuk mengantisipasi koloni belalang bertambah. Saat ini serangan hama belalang belum mengganggu aktivitas penerbangan, namun pemerintah daerah tetap waspada.

"Kita berharap tidak sampai mengancam keselamatan pesawat," imbuhnya.

Baca juga: Pilih PCR, Kunci Sumbar Kendalikan Korona

Belalang juga menyerang lahan pertanian warga, namun sampai saat ini belum ada laporan kerugian yang diderita petani. Dia berharap seluruh organisasi perangkat daerah dan masyarakat bersama-sama menangani serangan hama tersebut.

Menurutnya, serangan hama belalang membuat pemerintah daerah kewalahan karena harus berbagi peran antara menangani pandemi korona dan hama belalang. Selain ikut membasmi hama, petugas BPBD juga ikut melakukan pemeriksaan penumpang pesawat mengantisipasi penyebaran virus korona.(OL-5)
 

Baca Juga

AFP

Wow, Pemkab Aceh Barat Hadiahkan Umrah bagi Auditor Ungkap Korupsi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 02:30 WIB
"Bagi tenaga auditor yang bisa bekerja mengungkap kasus korupsi, tahun ini akan mendapatkan hadiah...
Ilustrasi

7 Nakes Positif, RS Soedono Setop Sementara Layanan Kebidanan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 02:15 WIB
Untuk sementara waktu, RS dr Soedono menghentikan layanan rujukan pasien bedah umum dan kebidanan sejak 15 Januari sampai 25...
Antaranews Kalsel/Sukarli

Tiga Truk Bantuan untuk Banjarmasin dari Palangkaraya

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 01:40 WIB
Bantuan kemanusiaan yang diantar langsung orang nomor satu di lingkungan pemerintahan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu terdiri atas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya