Sabtu 13 Juni 2020, 05:45 WIB

Tidak Pakai Masker Dijerat Pasal Tipiring

(LD/SL/N-3 | Nusantara
Tidak Pakai Masker Dijerat Pasal Tipiring

LILIK DARMAWAN
SIDANG TAK PAKAI MASKER-Sebanyak 19 warga diajukan dalam persidangan virtual

 

PENGADILAN Negeri (PN) Purwokerto dan PN Banyumas kembali menggelar persidangan tindak pidana ringan (tipiring) secara virtual terhadap warga yang kedapatan tidak memakai masker.

Pada persidangan itu, sebanyak 53 warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), menjadi terdakwa. Persidangandigelar secara virtual di aula Kecamatan Ajibarang untuk PN Purwokerto yang dipimpin hakim Ivonne Tiurma Rismauli, kemarin.

Sementara itu, PN Banyumas melaksanakan persidangan di aula Kecamatan Kemranjen dipimpin hakim Suryonegoro. Di PN Purwokerto, 28 orang disidangkan dan di PN Banyumas 25 warga menjadi terdakwa. Pada persidangan di PN Purwokerto, Hakim Ivonne menjatuhkan sanksi denda Rp24 ribu dan biaya sidang Rp1.000 kepada tiap terdakwa.

Di PN Banyumas, hakim menjatuhkan sanksi denda Rp7 ribu dan biaya perkara Rp3 ribu. "Mereka langsung membayar di tempat," kata Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Daerah Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Banyumas, Guntur Eko Giantoro.

Secara terpisah, Kepala Satpol PP Banyumas, Imam Pamungkas, mengatakan sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Banyumas Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit di Banyumas, para pelanggar dikenai denda maksimal Rp50 ribu atau kurungan selama tiga bulan.

"Kami masih akan terus menggelar operasi penertiban terhadap warga yang tidak mengenakan masker. Sebab, ternyata masih banyak yang nekat tidak mengenakan masker. Padahal, setiap hari dilakukan sosialisasi," ungkapnya.

Di Kota Jambi, karena abai terhadap Peraturan Wali Kota Nomor 21 Tahun2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan, sebuah panti pijat disegel Tim Tiga Inspektor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jambi. (LD/SL/N-3

Baca Juga

Antara/Basri Marzuki.

Harga Pupuk Nonsubsidi Melejit, Petani Sawit Babel Menjerit

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:39 WIB
Harga pupuk KCL sebelumnya Rp300 ribu kini naik menjadi Rp850 ribu per karung. Harga NPK Kebomas dari Rp270 ribu per karung naik menjadi...
MI/Rommy Pujianto

Inilah Aksi-Aksi Satpam Bank Menjaga Keamanan Nasabah dan Karyawan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:48 WIB
Dikenal ramah, murah senyum pada nasabah, satpam bank berikut memiliki keberanian yang tak diragukan demi keamanan...
MI/M Ghozi

Kesulitan Pupuk ZA Lantaran Keterlambatan Transportasi

👤Tosiani 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:36 WIB
Menurutnya, ada pergeseran tanam tembakau pada musim tahun ini, sehingga pemupukan juga bergeser dari April menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya