Jumat 15 Mei 2020, 07:48 WIB

Kelimutu Berubah Warna, Warga Prediksi Covid-19 Segera Berakhir

Palce Amalo | Nusantara
Kelimutu Berubah Warna, Warga Prediksi Covid-19 Segera Berakhir

MI/Adam Dwi
Danau Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur

 

MASYARAKAT adat di Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur yakin pandemi korona (covid-19) segera berakhir. Ketua Forum Komunitas Adat Penyangga Danau Kelimutu, Yohanes Don Bosco Watu mengatakan perubahan air Danau Kelimutu yang terjadi pekan lalu, pertanda akan terjadi perubahan alam yang besar di bumi. 

"Nah, yang kita hadapi saat ini adalah pandemi covid-19. Wabah ini akan segera berakhir. Itu yang diprediksi masyarakat adat setempat," tuturnya, Jumat (15/4).

Yohanes megatakan saat ini, air Danau Tiwu Ata Bupu dari sebelumnya warna hijau  muda berubah menjadi hijau tua. Tiwu Ata Polo berubah dari hijau menjadi hijau kebiruan dan Tiwu Nuwa Muri Koo Fai berubah dari dari biru kehijauan menjadi biru muda. Baginya, perubahan warna air di ketiga danau ini menandakan akan terjadi sesuatu yang baik berskala lokal, nasional dan internasional.

"Ini memang dikaitkan dengan mitos, tetapi masyarakat meyakini akan terjadi perubahan besar. Saya memprediksikan wabah covid-19 segera berakhir," tambahnya.

Yohanes Watu yang juga Mosalaki Tana Mau Gadho Woloara Kelimutu ini mencontohkan pada 1992 sebelum terjadi bencama gempa bumi dahsyat yang meluluhlantakkan sebagai Pulau Flores, sebulan sebelumnya telah terjadi perubahan warna di Danau Kelimutu.

baca juga: Kabupaten Majalengka Negatif Kasus Covid-19

Lalu pada 1998 sebelum kejatuhan Soeharto, ketiga danau tersebut sempat berubah warna di awal tahun. Masyarakat setempat memprediksikan akan terjadi perubahan besar di negeri ini. Selanjutnya pada 2014, sebelum pemilu presiden, Danau Kelimutu sempat beberapa kali berubah warna. 

"Kami memprediksikan akan ada peristiwa penting dalam sejarah Indonesia, ternyata pergantian presiden berlangsung aman tanpa gejolak," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

Ist

Saat Resmikan Ponpes, Kapolri Ajak Masyarakat Pererat Persatuan 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 01:42 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan warga agar tak mudah dipecah belah. Ia mengingatkan pentingnya...
Dok. PABOI

PABOI Bantu Korban Bencana NTT yang Patah Tulang Belakang

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 13 April 2021, 23:41 WIB
Tim Tanggap Bencana Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) hingga kini masih bertugas di lokasi bencana...
wdrfree.com

Sulawesi Utara Diguncang Gempa Tektonik Bermagnitudo 5,2

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 23:29 WIB
Gempa tektonik dengan magnitudo 5,2 yang berpusat kira-kira 135 kilometer tenggara Kota Bitung, Sulawesi Utara, Selasa pukul 22:47:31 WIB,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya