Rabu 13 Mei 2020, 11:26 WIB

Babel Akan Coba Kefir Untuk Sembuhkan Pasien Covid-19

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Babel Akan Coba Kefir Untuk Sembuhkan Pasien Covid-19

MI/Rendy Ferdiansyah
Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan

 

UNTUK mempercepat penyembuhan pasien positif covid-19, Pemprov Bangka Belitung akan mencoba menggunakan produk minuman terbuat dari susu fermentasi yang disebut dengan kefir. Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Jjohan mengatakan kefir ini merupakan produk minuman terbuat dari susu. Jika nanti berhasil menyembuhkan pasien covid-19 baru akan diproduksi dalam jumlah banyak.  

"Kita akan coba memberikan kefir untuk membantu menyebutkan pasien, jika  berhasil akan produksi banyak oleh putra daerah dan akan datangkan ahlinya ke Babel lansung," kata Erzaldi, Rabu (13/5).

Sementara, Direktur Runah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Ir Soekarno, Armayani Rusli mengaku kefir ini sudah digunakan di Bandung dan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Jakarta. 

"Kita sudah terima biang kefir, seperti Yakult itu, yang diproduksi putra Bangka dan diadopsi dari Rusia," kata Armayani.

Menurutnya efek kefir ini sangat bagus untuk mempercepat penyembuhan karena rata-rata tiga hari pasien diberi kefir bisa mendukung penyembuhan. Itu sudah dilaksanakan di Wisma Atlet dan Bandung," ungkap Armayani.

baca juga: Baru Dua Desa di Sikka Bisa Cairkan BLT

Dia menambahkan kefir tersebut akan dicampur dengan setengah liter susu untuk menjadi satu botol dan diberikan ke pasien setiap pagi, siang dan malam atau saat sahur dan berbuka puasa.

Kefir tersebut akan diujicobakan ke pasien covid-19 di Babel. Apabila ada hasil positif sembuh maka akan diproduksi massal. Hingga saat ini di Babel ada 29 pasien positif covid, 7 orang sembuh dan satu orang meninggal dunia. (OL-3)

Baca Juga

NTARA/Rivan Awal Lingga

Disiplin tidak Ke Luar Daerah, Warga Baduy Terbebas Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Masyarakat Baduy lebih mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna mencegah penularan virus...
Antara

Pusat Layanan Kesehatan Dukung Pariwisata Labuan Bajo

👤Eni Kartinah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Dalam pengembangan pariwisata Labuan Bajo, Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat juga melibatkan bidang kesehatan berupa pelayanan...
Antara

Kemacetan Lalin di Lokasi Longsor Deli Sedang Diatur Polisi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:29 WIB
Petugas kepolisian juga melakukan buka tutup jalur, demi kelancaran lalu lintas di lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya