Jumat 10 Januari 2020, 15:14 WIB

Angka Kemiskinan Kota Sawahlunto Terendah di Sumbar

Yose Hendra | Nusantara
Angka Kemiskinan Kota Sawahlunto Terendah di Sumbar

Antara
Kota Sawahlunto menjadi daerah paling rendah angka kemiskinan di Sumatra Barat (Sumbar) pada 2019.

 

KOTA Sawahlunto menjadi daerah paling rendah angka kemiskinan di Sumatra Barat (Sumbar) pada 2019. Kepala BPS Sawahlunto, Hendro Seprita Deza menyebutkan bahwa berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilaksanakan pihaknya, dengan memperoleh angka kemiskinan 2,17 persen itu, jumlah penduduk miskin di Sawahlunto pada 2019 yakni 1.350 jiwa.

"Ada penurunan yang berhasil dicapai dari tahun sebelumnya, yakni di 2018 saat itu jumlah penduduk miskin Sawahlunto mencapai 1.480 jiwa,"   kata Hendro, Jumat (10/1).

Ditambahkan Hendro, untuk garis kemiskinan di Kota Sawahlunto sekarang ini berada pada level Rp374.615 per kapita tiap bulannya. Garis kemiskinan ini meningkat dari tahun 2018 yang berada pada level Rp354.665 per kapita tiap bulan.

Menanggapi keberhasilan turunnya angka kemiskinan di Kota Sawahlunto, Walikota Deri Asta mengatakan bersyukur bahwa itu menunjukkan berbagai program pengentasan kemiskinan yang dijalankan Pemko Sawahlunto membuahkan hasil nyata. Walikota Deri Asta mengingatkan bahwa tugas dan kinerja Pemkot dalam mengurangi angka kemiskinan masih ada dan harus ditingkatkan lebih baik lagi.

baca juga: Warga Terancam Pergerakan Tanah di Cianjur Bergiliran Ronda Malam

"Penurunan angka kemiskinan ini merupakan salah satu fokus kami sehingga masuk dalam prioritas yang sudah diterjemahkan dalam RPJMD. Dalam target RPJMD kita itu 2,27 persen, Alhamdulillah ternyata setelah disurvei BPS, penurunan angka kemiskinannya ternyata melebihi target kita karena sudah mencapai 2,17 persen. Bonusnya ternyata dengan pencapaian itu, kita kembali menjadi Kota dengan angka kemiskinan paling rendah di Sumatra Barat," ujar Walikota Deri Asta. (OL-3)

 

Baca Juga

ANTARA

Pemkab Malang Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 11 April 2021, 06:00 WIB
Berdasarkan data BPBD Kabupaten Malang, hingga pukul 22.00 WIB, Sabtu (10/4), selain menyebabkan tiga orang meninggal dunia, tercatat ada...
ANTARA

Waspada, Belokan Angin Jelang Ramadan di Sumut

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 11 April 2021, 01:00 WIB
Data BBMKG Wilayah I-Medan menyatakan, hingga kini belokan angin belum berdampak bagi perairan baik...
MI/Gabriel Langga

Desa Terdampak Banjir di Adonara Listrik Belum Pulih

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 11 April 2021, 00:09 WIB
Berdasarkan pantauan Mediaindonesia.com, Sabtu (10/4), kedua desa terdampak banjir itu sampai saat ini rumah-rumah warga masih dalam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tata Ulang Desain Olahraga Nasional untuk Capai Prestasi

 Prestasi tidak dicapai dengan proses singkat. Kerap kali butuh waktu bertahun-tahun untuk meraihnya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya