Sabtu 07 Desember 2019, 23:50 WIB

Perjalanan KA Lintas Sukabumi-Bogor Dibatalkan

MI | Nusantara
Perjalanan KA Lintas Sukabumi-Bogor Dibatalkan

ANTARA
Jalur kereta api longsor

 

JALUR Kereta Api (KA) lintas Bogor-Sukabumi mengalami gangguan longsor, pada hari Jumat (6/12) akibat cuaca buruk selama pekan ini. Longsor terjadi di antara jalur stasiun Parung Kuda-Cicurug, tepatnya KM 28+2/3. Atas kejadian tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permintaan maaf.

“PT KAI Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf atas kondisi tersebut dan menghimbau masyarakat yang akan menggunakan jasa KA Pangrango untuk beralih ke moda transportasi lain,” ungkap Humas KAI Daop 1 Eva Chairunnisa dalam keterangan resminya, Sabtu (7/12).

Guna memperbaiki jalur rel yang terdampak bencana longsor tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta menetapkan perjalanan KA lintas Sukabumi-Bogor dan sebaliknya pada Sabtu 7 Desember 2019 dibatalkan.

“Untuk memaksimalkan upaya penanganan longsor yang berdampak pada prasarana jalur rel sepanjang 15,6 meter ini, sekitar 200 personil diturunkan. Sejumlah perangkat material berupa pilar penyangga, bantalan kayu, rel baja untuk penguat jalur dan batu balas telah disiapkan,” kata Eva.

Proses perbaikan dilakukan melalui koordinasi bersama antara PT Daop 1 Jakarta dengan Satker DJKA Kementerian Perhubungan. “Hingga pagi ini, pembuatan konstruksi penyangga pemadatan tanah di lokasi longsor serta pengerukan lumpur menggunakan escavator di lokasi masih berlangsung,” tutur Eva. Namun Eva belum bisa menjawab kapan perbaikan lintas Bogor-Sukabumi akan selesai dan masyarakat pengguna jasa KA Pangrango bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api.

Sebelumnya, bencana longsor tersebut pertama kali diketahui pihak PT KAI Daop 1 Jakarta melalui laporan warga se-tempat pada Jumat (6/12) pukul 20.30 WIB.
Tim unit Jalan dan Jembatan Daop 1 Jakarta langsung melakukan pemeriksaan. Pada saat kejadian, longsor yang terjadi tidak mengganggu perjalanan KA karena operasional KA terakhir telah melalui lokasi area yang mengalami longsor.

“PT KAI Daop 1 Jakarta terus berupaya untuk meminimalisir terganggunya perjalanan kereta api (KA) di lintas Bogor-Sukabumi melalui upaya maksimal untuk perbaikan dapat segera selesai,” jelas Eva. Untuk informasi perjalanan KA, masyarakat dapat mencari informasi yang dibutuhkan melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) di antaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, contact center 121. (Put/J-2)

Baca Juga

Antara/Hendra Nurdiyansyah

Lahan Pertanian di Bantul Berpotensi Terendam Banjir

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 November 2020, 05:15 WIB
Setidaknya ada tiga kecamatan di Bantul yang harus mengantisipasi dampak musim hujan, yakni  Kecamatan Sanden, Kecamatan Srandakan dan...
Medcom.id

Pulang dari Jakarta Kena Korona

👤Faishol Taselan 🕔Sabtu 28 November 2020, 05:05 WIB
Bupati Jombang mengalami gejala setelah ikut rapat di sebuah kementerian. Kondisinya sudah...
DOK SIG

Semen Indonesia Menebar Kepedulian di Dua Daerah

👤YK/DW/FL/BN/N-3 🕔Sabtu 28 November 2020, 04:55 WIB
Keinginan untuk membantu warga di kedua kabupaten itu membuat PT Semen Indonesia Group (SIG) bergerak dengan menyerahkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya