Rabu 27 November 2019, 20:32 WIB

Pemkab Tuban Larang Warga Menambang Pasir di Bengawan Solo

M Yakub | Nusantara
Pemkab Tuban Larang Warga Menambang Pasir di Bengawan Solo

Antara
Tambang pasir tradisional di Bengawan Solo

 

PEMERINTAH Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim) melarang keras masyarakat menambang pasir di Sungai Bengawan Solo maupun menyedot air secara berlebihan radius 600 meter dari titik longsor.

Larangan tersebut disampaikan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein menyusul terjadinya longsor dan ambles di Desa Sembungrejo dan Kedungrejo, Kecamatan Plumpang, Rabu (27/11) siang.

Menurut Noor Nahar, upaya itu harus dilakukan sebagai salah satu langkah untuk menanggulangi tanggul yang longsor. Selain itu, kata dia, kepala desa setempat harus melakukan sosialisasi maupun langkah persuasi agar warga desa bisa memahami kondisi penanganan tanggul yabg dalam kondisi kritis seperti sekarang.

"Jika memang kewalahan, Kades bisa berkoodinasi dengan kecamatan maupun kabupaten untuk diambil tindakan yang diperlukan," ungkapnya.

Dikatakannya, langkah ini diambil agar tanggul tidak ambles kembali. Tidak menutup kemungkinan, Pemkab Tuban juga akan berkoordinasi dengan Pemkab Bojonegoro jika memang diperlukan.

Berbagai upaya penanganan dimaksudkan untuk memberikan rasa aman bagi warga desa sekitar tanggul dan Kecamatan Plumpang. Mengingat pada Desember mendatang wikayah Kabupaten Tuban akan memasuki musim hujan.

"Dan puncaknya di bulan Februari mendatang," tandasnya.

Wabup juga meminta adanya kajian tentang kondisi tanah di wilayah sekitar Bengawan Solo di Desa Kedungrejo dan Sembungrejo, Kecamatan Plumpang. Sehingga diketahui struktur tanah sebagai dasar diambilnya tindakan selanjutnya. (OL-11)

 

Baca Juga

MI/Gabriel Langga.

Maumere Jadi Pusat Tol Laut Ternak dan Barang di Pulau Flores

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 02 Desember 2020, 09:49 WIB
Tol laut untuk pengangkutan ternak dan barang akan mulai beroperasi pada...
MI/Alexander P Taum

Bantuan Mengalir Untuk Pengungsi Dampak Erupsi Ile Lewotolok

👤Alexander P Taum 🕔Rabu 02 Desember 2020, 09:10 WIB
Bantuan kemanusiaan dari masyarakat desa-desa di Kabupaten Lembata berdatangan untuk membantu warga di dua desa yang kini mengungsi akibat...
MI/Andri Widiyanto

Tegal Hadapi Persoalan Sampah Plastik

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 02 Desember 2020, 08:30 WIB
Kota Tegal menghasilkan 250 ton sampah, dan 30% adalah plastik. yang hingga kini belum bisa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya