Rabu 09 Oktober 2019, 13:43 WIB

Limbah B3 Bisa Jadi Sumber Daya Baru

Lina Herlina | Nusantara
Limbah B3 Bisa Jadi Sumber Daya Baru

MI/Lina Herlina
Dirjen Pengelolaan Limbah B3 dan Non B3 KLHK, Vivien Ratnawati

 

DIRJEN Pengelolaan Limbah B3 dan Non B3 KLHK, Vivien Ratnawati mengatakan, ada beberapa peluang dalam pengelolaan limbah B3. Limbah industri dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya baru. Hal itu disampaikan Vivien saat sosialisasi pengelolaan limbah B3 dan Non B3 yang dilaksanakan oleh Direktorat Verifikasi Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Non B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Makassar, Rabu (9/10).

"Sudah ada beberapa SNI dalam pemanfaatan limbah B3. Bahkan limbah B3 yang dimanfaatkan sebagai produk samping, yang tidak memerlukan izin pengelolaan limbang B3," jelasnya.

Sementara tantangan dalam pengelolaan limbah B3, di antaranya adalah pertumbuhan ekonomi berbasis industri, meningkatkan jumlah timbulan limbah. Sementara itu belum semua produk pemanfaatan limbah B3 mempunyai standar produk yang baku.

"Termasuk pengelolaan limbah B3 belum merata di seluruh wilayah Indonesia. Juga kesadaran pelaku industri masih rendah, karena biaya pengelolaan limbah masih dianggap beban industri," lanjut Vivien.

Ia juga menambahkan, pada sosialisi yang dilakukan kepada 200 peserta, yang berasal dari perwakilan instansi lingkungan hidup provinsi, kabupaten/kota, industri yang bergerak di bidang pengelolaan limbah dan pemghasil limbah punya empat tujuan.

"Tujuannya yaitu, memberi pembinaan pengelolaan limbah B3 dari aspek teknis pengelolaan limbah B3, memberikan pemahaman tentang peluang dan tantangan pengelolaan limbah B3 dari kementerian atau lembaga terkait," kata Vivien.

baca juga: Dinding Sungai Purba Blora Potensi Wisata Baru

Dari data yang ada, Vivien menyebutkan, pada periode Januari 2018 hingga Agustus 2019, telah terbit 240 izin pengelolaan limbah B3. Dari jumlah tersebut, terbanyak izin pemanfaatan limbah B3 sebanyak 123 buah, izin pengolahan limbah B3 sebanyak 59 buah, izin pengumpulan limbah sebanyak 27 buah, izin dumping 19 buah, dan 12 izin penimbunan limbah B3. (OL-3)

LN)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Rumah Sakit di Kupang Darurat Oksigen

👤Palce Amalo 🕔Senin 25 Januari 2021, 10:11 WIB
"Rata-rata kebutuhan oksigen di Kota Kupang 500 tabung per hari, kemampuan suplier hanya 200 tabung per hari, jadi defisit 300 ...
MI/Gabriel Langga

Menunggu 5 Tahun, 15.500 Pohon Sengon Milik ASN Sikka Siap Panen

👤Gabriel Langga 🕔Senin 25 Januari 2021, 10:00 WIB
"Bulan Oktober tahun ini rencananya kita tebang pohon sengon jenis laut ini. Perusahaan di Jawa sudah siap...
Ist

Puluhan Rumah Hancur, Gubernur Babel akan Berjuang ke Pusat

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 09:30 WIB
Di Desa Pulau Gersik, Kecamatan Selat Nasik Kabupaten Belitung, Provinsi Babel, ini tiap tahun hampir terjadi bencana abrasi yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya