Selasa 24 September 2019, 21:55 WIB

Diduga Terjangkit Difteri, Dua Rekan Nurul dalam Kondisi Stabil

Yoseph Pencawan | Nusantara
Diduga Terjangkit Difteri, Dua Rekan Nurul dalam Kondisi Stabil

rsham.co.id
Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan

 

DOKTER Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik memastikan dua rekan Nurul Arifah yang diduga ikut terjangkit difteri saat ini dalam kondisi stabil setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit tersebut.

Dr Tambar Kembaren SpPD-KPTI, dokter yang menangani kedua pasien, mengatakan, terdapat dua kasus lagi yang mana kedua pasien sebelumnya menjalin kontak dengan Nurul Arifah.

"Tapi kondisi mereka sekarang dalam keadaan stabil dan sekarang sudah tidak demam lagi," ujarnya saat memberi keterangan pers di RS Adam Malik, Medan, Sumatra Utara, Selasa (24/9) sore.

Dia menjelaskan, keduanya sempat mengalami demam empat hari lalu sebelum menjalani perawatan di RS Adam Malik. Selain demam, kedua pasien juga mengalami gejala yang serupa dengan Nurul.

Seperti sakit saat menelan, dan pada salah satunya ditemukan juga selaput putih keabuan di rongga mulut. Meski sudah membaik, keduanya masih ditempatkan di ruang VIP infeksi yang merupakan fasilitas rawat inap terisolasi rumah sakit Adam Malik.

Sebelumnya, Aldy Syafruddin Rambe, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sumatera Utara (USU), mengungkapkan setelah jenazah Nurul Arifah dipulangkan ke Malaysia, dua mahasiswi lain langsung menjalani perawatan.


Baca juga: Sebelum Terserang Difteri, Mahasiswi Malaysia sudah Idap Lupus


Sama dengan Nurul, keduanya pun dirawat di RS Adam Malik. Kedua mahasiswi tersebut juga berasal dari Malaysia. Satu di antaranya juga mahasiswi FK USU dan satu lagi berkuliah di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) USU.

Menurut Aldy, keduanya mengalami gejala yang mencurigakan, mirip dengan yang dialami Nurul. Sebagai tindakan antisipasi, FK USU membawa mereka ke RS Adam Malik untuk dilakukan perawatan.

Keduanya diduga terjangkit penyakit yang diderita Nurul karena menjadi teman satu kos. Informasi yang dihimpun, mereka indekos di Jalan Suka Baru No 18, Padangbulan, Medan Selayang.

Selain itu, keduanya juga selalu menemani Nurul saat menjalani perawatan mulai dari rumah sakit USU sampai di RS Adam Malik.

Nurul Arifah, 20, meninggal dunia pada Sabtu (21/9) dini hari, setelah sebelumnya sempat menjalani perawatan di kedua rumah sakit tersebut selama lima hari.

Selain difteri, mahasiswa semester lima FK USU itu juga mengidap lupus yang menjadi penyakit pemberat sehingga dirinya tidak mampu bertahan. (OL-1)

 

Baca Juga

DOK MI.

Polda Jateng: Kerangka Manusia di Tepi Sungai Berkelamin Laki-Laki

👤Mediaindonesia.co 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:02 WIB
Kepolisian mengidentifikasi temuan kerangka manusia di tepi Sungai Depok di Desa Pasigatan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah,...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Sultan HB X dan Paku Alam X Kembali Ditetapkan sebagai Gubernur-Wagub DIY

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:50 WIB
Sebelum penetapan Gubernur dan Wagub DIY Periode 2022-2027, DPRD DIY telah melalui seluruh...
DOK.MI

Sadis, Paman Tikam Keponakan yang Sedang Belajar di Sekolah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:40 WIB
Kapolsek Sunggal Komisaris Yudha mengatakan bahwa pelaku pembunuhan tersebut tak lain merupakan paman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya