Selasa 23 April 2019, 15:12 WIB

Harga Bawang Putih Turun di Palembang

Dwi Apriani | Nusantara
Harga Bawang Putih Turun di Palembang

MI/Dwi Apriani
Wakil Walikora Palembang, Fitrianti Agustida meninjau harga bahan pokok pangan di Pasar KM5 Palembang menjelang puasa, Selasa (23/4).

 

OPERASI pasar bawang putih yang digelar di sejumlah pasar di Palembang, membuat harga komoditas bumbu dapur itu merosot. Sebelumnya harga bawang putih dijual Rp52 ribu per kg pada Selasa (23/4), kini setelah operasi pasar menjadi Rp30 ribu per kg.

"Hari ini kami sebagai pedagang bawang putih menjual bawang putih dengan harga sama yakni Rp30 ribu per kg. Ini berkat operasi pasar," kata Ahmad Zazuli, pedagang sembako di Pasar KM 5 Palembang, Selasa (23/4).

Ahmad membeli dua karung bawang putih impor. Satu karung bawang memiliki berat 20 kg. "Dengan operasi pasar, kami bisa menyetok selama tiga hari untuk bawang putih. Kami berharap agar pemerintah terus membantu suplai bawang seperti ini," harapnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani mengatakan, pihaknya telah memastikan bahan pokok di wilayah Palembang dalam kondisi aman. Bahkan harganya pun masih stabil meski ada sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan sekitar 10%.

"Kecuali bawang putih sempat Rp50ribun. Tapi kemarin ada operasi pasar dari provinsi. Alhamdulillah hari ini stabil menjadi Rp30 ribu per
kilogramnya," kata dia.

baca juga: Tekan Harga, Cilacap Gelar Operasi Pasar Bawang Putih

Ia menuturkan, pihaknya sudah melakukan pemantauan di lima titik pasar tradisional. Yakni Pasar Cinde, Pasar 16 Illir, Pasar KM5, Pasar Lemabang, dan Pasar Soak Batu.

"Semuanya masih terkendali. Harga masih wajar, seperti ayam naik dari semula Rp28 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram. Kemudian daging sapi masih Rp120 ribu per kilogram, telur naik dari Rp19 ribu menjadi Rp23 ribu per kilogram," kata dia.

Wakil Walikora Palembang, Fitrianti Agustida ikut meninjau harga bahan pokok pangan di Pasar KM5 Palembang menjelang puasa. Menurutnya harga masih stabil meski ada beberapa harga naik terutama cabai dan bawang.

"Nanti dinas perdagangan akan saya instruksikan untuk memonitor masalah harga-harga sembako menjelang puasa," tegasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

Dok FKDB

Panen Raya Jagung Hibrida di Lahan Binaan FKDB

👤Media Indonesia 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:15 WIB
LAHAN uji coba untuk penanaman jagung hibrida di Air Molek 1, Pasir Penyu, Indragiri Hulu, Riau mulai...
ANTARA

Polisi Masih Selidiki Penyebab Kecelakaan Maut Karawang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:52 WIB
Pihak kepolisian kini masih mencari penyebab kecelakaan itu sehingga penyelidikan data dan teknis masih diperlukan untuk bisa mengungkap...
DOK MI

KM Sirimau Kandas di Wilayah Laut Lembata

👤Alexander Taum 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:37 WIB
KM Sirimau yang sedang berlayar dari Pelabuhan Laut Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Selasa (17/5) kandas di pulau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya