Senin 23 Januari 2023, 14:15 WIB

Polisi akan Bongkar Makam Istri Wowon di Bandung Barat

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polisi akan Bongkar Makam Istri Wowon di Bandung Barat

DOK MI.
Ilustrasi.

 

POLISI akan membongkar makam Halimah, istri tersangka pembunuhan berantai Wowon Erawan alias Aki, di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, untuk autopsi ulang guna mengetahui penyebab kematian. Diketahui, Halimah yang merupakan satu dari enam istri Wowon itu meninggal pada 2016. 

Halimah diduga dibunuh oleh rekan Wowon yakni Solihin alias Duloh, 53, yang juga merupakan tersangka pembunuhan berantai di Bekasi dan Cianjur. Setelah meninggal, jenazah Halimah dibawa pihak keluarga dari Cianjur dan dimakamkan di TPU Islam Kampung Saar Mutiara, RT 3/7, Desa Karangtanjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut pihaknya akan menyelidiki penyebab kematian Halimah. Saat itu, pihak keluarga mengetahui Halimah meninggal dunia karena sakit.

"Dalam hal ini proses penyelidikan belum terhenti. Tidak menutup kemungkinan akan dilakukan ekshumasi penyebab kematian," kata Trunoyudo, di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (23/1).

Diketahui, ekshumasi adalah penggalian kubur yang dilakukan demi keadilan oleh pihak berwenang. Hal ini dilakukan untuk identifikasi forensik, disebabkan oleh proses kematian seseorang yang tidak natural dan dikuburkan sebelum dilakukan autopsi.

Trunoyudo menyebut pihaknya mengedepankan scientific crime investigation untuk mengungkap keberadaan korban lain dan penyebab kematiannya dalam kasus pembunuhan berantai Wowon Cs. Sebelumnya, polisi membeberkan urutan kematian sembilan korban pembunuhan berantai yang dilakukan oleh tersangka Wowon Erawan, Solihin alias Duloh, dan Dede Solehudin.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut dua perempuan bernama Siti dan Farida diduga menjadi awal rangkaian pembunuhan. Keduanya merupakan tenaga kerja wanita (TKW). 

Ia menyebut dugaan itu berdasarkan kejadian Wowon menyuruh Noneng yang merupakan mertuanya untuk mendorong Siti ke laut di Surabaya hingga tewas. Jasad Siti kemudian ditemukan oleh warga dan dimakamkan di Garut. Sementara Farida dibunuh dan dikuburkan dalam lubang di rumah tersangka, Cianjur.

Korban berikutnya ialah Noneng. Berdasarkan pengakuan Duloh, dia yang membunuh Noneng di rumahnya setelah diantarkan oleh Wowon. "Noneng itu dibunuh sama si Duloh. Jadi sebelum dibunuh si Duloh, si Noneng itu diantar oleh Wowon ke rumah Duloh," kata Trunoyudo.

Setelah Noneng tewas, Wowon kemudian menghabisi nyawa Wiwin yang merupakan istrinya dan anak dari Noneng. Jasad Nineng dan Wiwin kemudian dikubur dalam lubang yang sama.

Baca juga: Pembunuhan Berantai, Tetangga di Cianjur Selamat setelah Diracun 

Selanjutnya, Duloh membunuh Halimah yang saat itu berstatus sebagai istri Wowon. Setelah dibunuh, Halimah dikembalikan ke keluarganya dan dimakamkan di kampung halamannya di Cililin. Saat itu, Duloh berdalih Halimah meninggal karena sakit. "Dibilangnya Halimah meninggal karena sakit, padahal dibunuh Duloh," tutur Trunoyudo.

Setelah itu, Wowon menikah dengan Maemunah yang merupakan anak dari Halimah. Dari pernikahan ini, keduanya memiliki anak, yakni Bayu dan Neng Ayu. Bayu kemudian dibunuh oleh Duloh di Cianjur dan dikuburkan dalam lubang di samping rumah Wowon.

Wowon dan Duloh melanjutkan rangkaian aksi pembunuhan dalam rumah kontrakan di Bantar Gebang, Kota Bekasi. Di sini, tiga orang dibunuh dengan cara diracun dan dicekik, yakni Maemunah, Ridwan Abdul Muiz, dan Riswandi. Sedangkan dua korban atas nama Neng Ayu dan tersangka Dede Solehudin selamat.

Trunoyudo menjelaskan para tersangka telah mempersiapkan rumah kontrakan itu untuk melakukan pembunuhan dengan cara meracuni korban. Duloh memaksa Wowon dan para korban untuk tinggal di kontrakan yang sebenarnya tidak ada listrik. Kemudian, Duloh memerintahkan Dede menggali lubang di belakang rumah. Lubang tersebut rencananya untuk mengubur jasad para korban. (OL-14)

Baca Juga

DOK.MI

IRT Tewas di Penjaringan, Ditemukan Pistol Dekat Mayatnya

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 09 Februari 2023, 18:58 WIB
SEORANG ibu rumah tangga (IRT) berinisial S (51) ditemukan tewas di dalam rumahnya di kawasan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu...
Dok. MI

27 Titik Putar Balik Ditutup, Dishub DKI Siapkan Petugas Jaga

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 09 Februari 2023, 17:33 WIB
Dishub DKI Jakarta menilai lokasi putar balik cukup berkontribusi terhadap kemacetan lalu lintas. Sebab, kendaraan yang mau memutar balik...
ANTARA FOTO/Sigid K

Ada Konser Westlife, Polda Metro Imbau Warga Hindari Kawasan ICE BSD

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:42 WIB
"Diimbau kepada masyarakat bagi yang tidak kepentingan dalam rangka khususnya konser, tentu bisa mengalihkan perjalanannya melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya