Rabu 04 Januari 2023, 12:14 WIB

Pembelajaran Jarak Jauh Berkurang, Pemprov DKI Kurangi Anggaran JakWifi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pembelajaran Jarak Jauh Berkurang, Pemprov DKI Kurangi Anggaran JakWifi

ANTARA/Raisan Al Farisi
Ilustrasi

 

PANDEMI yang telah mereda membuat kegiatan belajar mengajar kini dilakukan secara tatap muka. Berkurangnya sekolah yang melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini pun terlihat dalam survei yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta.

Dalam survei yang dilakukan pada Desember 2021 pengguna yang mengakses interner gratis program JakWifi yang menggunakan internet untuk PJJ ada 56%. Jumlahnya bertambah pada Maret 2022 menjadi 60,9%.

Kemudian, jumlahnya berkurang menjadi 27,5% pada November 2022.

"Sehingga selebihnya 50,7% itu digunakan oleh masyarakat untuk hiburan, cari informasi," kata Plt Kepala Dinas Komonfotik Raides Aryanto di Balai Kota, Selasa (3/1).

Sebagai dampak berkurangnya pengakses JakWifi untuk kebutuhan PJJ, Dinas Komonfotik pun mengurangi anggaran penyediaan akses JakWifi dari yang semula terdapat di 3.500 titik di 2022 menjadi hanya 1.263 titik pada tahun ini. Nilai anggaran untuk mengadakan akses internet gratis di 1.263 titik itu ialah Rp56 miliar.

"Bukan dihilangkan, artinya pengurangan anggaran itu menyesuaikan. Saya ulangi, titik JakWifi itu menyesuaikan dengan anggaran yang sudah ditetapkan. Artinya karena pengurangan anggaran, jadi kuantiti berkurang. Seharusnya misal di tiap RW ada tiga, kita tetap pertahankan ada akses poin internet di masing masing RW, minimal satu," tutur Raides.

Nantinya Dinas Komonfotik akan kembali mengadakan survei di pertengahan tahun untuk mengetahui penggunaan JakWifi. Jika memerlukan penambahan, Raides bisa meminta tambahan anggaran pada APBD Perubahan.

"Kalau tinggi kita akan sampaikan di APBD Perubahan, tapi selama 12 bulan akses internet masyarakat tetap ada," imbuhnya. (OL-12)

Baca Juga

Medcom.id

Buang Sampah Sembarangan, 30 Orang Warga Depok Terancam Penjara 6 Bulan

👤Kisar Rajagukguk 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:43 WIB
Tiga puluh orang itu kemudian langsung di data. KTP mereka diambil untuk kepentingan persidangan di Pengadilan Negeri Kota...
Antara Foto/ Basri Marzuki

Rawan Kriminalitas dan Kecelakaan, Lampu PJU di Jalan Jambore Depok Segera Dipasang

👤Kisar Rajagukguk 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:22 WIB
Lokasinya dari pertigaan Jalan Transyogi-Perumahan Mahogany-Apartemen Transmart hingga SMPN...
MI/Andri Widiyanto.

Kurangi Polusi Udara, Disinsentif Tarif Parkir Berlaku di 11 Lokasi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Dishub DKI menerapkan kebijakan disinsentif kendaraan pribadi berupa pengendalian lalu lintas dengan sistem ganjil genap dan pengenaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya