Rabu 17 Agustus 2022, 10:40 WIB

Tanggul Kali Grogol Jebol, Belasan Rumah di Limo Depok Terendam Banjir

Kisar Rajagukguk | Megapolitan
Tanggul Kali Grogol Jebol, Belasan Rumah di Limo Depok Terendam Banjir

MI/Barry F
Sejumlah anak bermain selancar air dengan bergelayutan di belakang body bemper mobil saat hujan merendam ruas jalan Perumahan Taman Duta,

 

TANGGUL kali atau bangunan penahan aliran air Kali Grogol jebol dan mengakibatkan 12 rumah warga terendam banjir.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipos-pos dikonfirmasi mengungkapkan peristiwa banjir dipicu jebolnya tanggul Grogol dan menumpuknya sampah di saluran drainase.

Belasan rumah warga yang terendam banjir tersebar di Jalan Rotan, Kampung Bedeng RT 009 RW 09, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, yang letaknya tak jauh dari kolam pemancingan.  "Sementara ketinggian air mencapai 30-40 sentimeter," kata Welman Rabu (17/8).

Welman menyebutkan, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Banjir juga menyebabkan kerusakan saluran drainase. Saat ini, situasi di Jalan Rotan, Kampung Bedeng RT 009 RW 09 Kelurahan Limo, Kecamatan Limo sudah mulai pulih kembali.

"Masyarakat yang rumahnya terdampak banjir sudah membersihkan lumpur dan sisa-sisa material banjir yang tertinggal di dalam rumahnya masing-masing, " jelas Welman.

Welman menjelaskan, hujan deras mulai Selasa malam hingga Rabu (17/8) dini hari. Luapan air yang mengakibatkan terendamnya belasan rumah warga dipengaruhi oleh saluran air yang banyak sampahnya sehingga debit air naik kepermukaan. "Hujan deras mulai pukul 23.00 WIB. Kemudian air masuk ke pemukiman setengah jam kemudian setelah tanggul kali jebol," ucapnya.

Masyarakat sekitar, berharap tanggul jebol diperbaiki sehingga ketika tingkat curah hujan tinggi, tempat mereka tak menjadi ancaman banjir. Welman mengingatkan warga yang terdampak banjir agar tetap meningkatkan kewaspadaan. Caranya dengan bersama-sama menjaga kebersihan.

"Saya mengingatkan warga khususnya di lingkungan rawan banjir untuk tetap antisipasi jika terjadi peristiwa alam dan selalu merawat saluran drainase agar tidak tertimbun oleh sampah, " tutupnya (OL-13)

Baca Juga: Wagub DKI Minta Pengunjung Tebet Eco Park Disiplin dan Jaga Kebersihan

Baca Juga

Antara

Update 29 September 2022: 781 Kasus Covid-19 Terdeteksi di DKI Jakarta Hari Ini

👤MGN 🕔Kamis 29 September 2022, 21:06 WIB
Kasus covid-19 di Indonesia bertambah 2.003 hari...
Antara

Apa Penyebab Jakarta Semakin Macet?

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 29 September 2022, 18:43 WIB
Kemacetan di wilayah Ibu Kota buka hanya disebabkan aktivitas masyarakat yang kembali normal, namun juga pengerjaan sejumlah proyek...
dok.mi

Polda Metro Janji Tindak Tegas Anggotanya yang Lakukan Pungli

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 29 September 2022, 18:30 WIB
POLDA Metro Jaya menyebut akan menindak tegas anggotanya yang melakukan pungutan liar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya