Senin 11 Juli 2022, 14:04 WIB

PU-Pera: Membenahi Jakarta Mungkin Lebih Mahal dari Bangun IKN

Andhika Prasetyo | Megapolitan
PU-Pera: Membenahi Jakarta Mungkin Lebih Mahal dari Bangun IKN

MI/Vicky Gustiawan
Ilustrasi DKI Jakarta

 

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono mengungkapkan biaya untuk membenahi Jakarta akan lebih mahal ketimbang membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Karena dasar itulah, pemindahan ibu kota menjadi opsi paling rasional yang bisa dilakukan pemerintah.

"Daya dukung Jakarta ini sudah berat. Memperbaikinya pun mungkin lebih mahal dari pada kita bikin baru," ujar Basuki di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/7).

Ia menjelaskan permukaan tanah Jakarta dalam beberapa tahun ke depan akan terus turun dan sangat sulit untuk diperbaiki.

Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan Kementerian PU-Pera, sebanyak 13 sungai di Jakarta pada 2030 akan sulit mengalirkan air ke laut dengan lancar.

"Berdasarkan data dan model yang kami buat, mungkin 15 tahun sejak 2015, 13 sungai itu tidak akan bisa mengalirkan air ke laut kecuali kita bikin tanggul yang tinggi. Itu terjadi karena penurunan tanah dan sudah sering kita bahas," tuturnya.

Baca juga: Anies Klaim Tinggal 5 Titik di DKI yang Alami Penurunan Tanah

Penurunan muka tanah di Jakarta menjadi masalah yang sulit ditangani. Jumlah penduduk yang sangat padat membuat kebutuhan akan air tanah semakin tinggi.

Akhirnya, eksploitasi air tanah tidak bisa terhindarkan.

"Berdasarkan kajian itulah kita harus pindah," tukas Basuki.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Wagub DKI Jakarta Buka Jakarnaval 2022

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:39 WIB
Puncak acara Jakarnaval 2022 digelar pada Minggu (14/8) ini, yang dimeriahkan parade kendaraan hias, drama musikal, marching band dan...
Antara

Pengacara Klaim Bharada E tidak Ikut Rencana Pembunuhan Brigadir J

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:22 WIB
Menurut Ronny Talapessy, kliennya Bharada E saat itu berada dalam tekanan atasannya, yakni Ferdy Sambo, sehingga terpaksa menembak Brigadir...
dok.ist

Sandiaga Uno: Program Juragan Lele Bangkitlah Ekonomi Warga Bantar Gebang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 19:15 WIB
MENPAREKRAF Sandiaga Uno kembali mendatangi Yayasan Pondok Pesantren Sekolah Alam Tunas Mulia, Bantar Gebang, Bekasi. Kali ini, lewat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya