Rabu 04 Mei 2022, 17:12 WIB

Puncak Arus Balik, 269 Ribu Kendaraan akan Kembali ke Jabotabek

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Puncak Arus Balik, 269 Ribu Kendaraan akan Kembali ke Jabotabek

Antara
Ilustrasi sejumlah kendaraan pemudik terjebak kemacetan.

 

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik menuju Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek) dalam rangka libur Idulfitri jatuh pada H5 atau pada Minggu.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengungkapkan sebanyak 269.444 kendaraan akan kembali ke wilayah Jabotabek.

"Prediksi ini naik 53,6% dari lalu lintas (lalin) normal periode November 2021," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (4/5).

Angka tersebut merupakan kumulatif lalin yang diperkirakan menuju Jabotabek di beberapa gerbang tol (GT) utama. Rinciannya, GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Cikupa (arah Merak) dan GT Ciawi (arah Puncak).

Baca juga: PT KAI Jamin Ketersediaan Tiket Usai Puncak Arus Balik

Prediksi dari arah timur sendiri mencapai 64,64% dari total lalin. Sementara itu, untuk dari arah barat sebesar 21,35% dan dari arah selatan sebesar 14,02%.

Mayoritas akan berasal dari Trans Jawa dan Bandung yang menuju Jabotabek ke via GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama pada (8/5) dengan perkiraan 174.157 kendaraan.

“Tidak hanya terjadi di hari Minggu, peningkatan lalu lintas juga diprediksi sudah terjadi pada H+3 dan H+4 atau pada Jumat-Sabtu (6-7 Mei 2022)," imbuh Heru.

Baca juga: Puncak Macet, Dilakukan Buka Tutup Jalan Tol Jagorawi Menuju Ciawi

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek. Serta, pengguna jalan diminta kembali ke Jabotabek sebelum puncak arus mudik, yakni 6-8 Mei.

Perseroan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas. Seperti, contraflow hingga one way, serta menempatkan petugas di lokasi rawan kepadatan.

Adapun pemberlakuan rekayasa lalu lintas pada arus balik, termasuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalin Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di Simpang Susun Dawuan Km 66.(OL-11)

Baca Juga

Antara

Pembangunan ITF Mangkrak, DPRD DKI Minta Ditinjau Ulang

👤Hilda Julaika 🕔Senin 23 Mei 2022, 17:49 WIB
Pembangunan ITF di Jakarta Timur untuk melayani pembuangan sampah dari wilayah Jakarta Barat, dinilai Komisi D DPRD sangat tidak masuk...
MI/RAMDANI

Ancol Ditutup untuk Umum Saat Formula-e, Hanya bagi Pemilik Tiket

👤Mediaindonesia 🕔Senin 23 Mei 2022, 15:10 WIB
Hanya pemegang tiket Formula E saja yang boleh masuk ke kawasan Ancol. Hal ini disampaikan dalam keterangan resmi di situs situs...
Antara

Renovasi Kawasan TMII Rampung September Ini

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 23 Mei 2022, 15:06 WIB
Anggaran yang dialokasikan untuk renovasi kawasan TMII mencapai Rp1,13 triliun. Diharapkan, kawasan TMII bisa dipakai untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya