Rabu 04 Mei 2022, 10:00 WIB

Libur Lebaran, Pengguna KRL Terus Meningkat

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Libur Lebaran, Pengguna KRL Terus Meningkat

Antara/Muhammad Iqbal
Rangkaian KRL Commuter Line melintasi kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

 

PADA hari kedua pada libur lebaran kemarin (3/5), pengguna KRL masih didominasi dengan penumpang musiman dan anak-anak. Pergerakan pengguna juga masih sama seperti hari pertama libur lebaran, yaitu meningkat mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB.

"KAI Commuter mencatat hingga pukul 18.00 WIB, volume pengguna KRL Jabodetabek pada hari libur ke dua lebaran ini sebanyak 395.266 pengguna, atau naik sebesar 44% dibandingkan pada waktu yang sama pada hari pertama libur lebaran 2 Mei kemarin yaitu sejumlah 273.400 pengguna," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Selasa (3/5).

Sementara itu, selama masa angkutan lebaran tahun ini, volume KRL terbanyak yaitu sejumlah 650.029 pengguna pada Senin, (25/4) lalu. Jika dibandingkan angka tersebut, volume pengguna Selasa (3/5) lebih rendah sebesar 39%.

KAI Commuter juga mencatat hingga pukul 18.00 WIB pengguna KRL terbanyak naik di Stasiun Bogor yaitu sebanyak 34.849 pengguna, atau naik 91% dibandingkan pada waktu yang sama pada hari pertama libur lebaran kemarin yaitu sejumlah sebanyak 18.234 pengguna. Jika dibandingkan dengan pengguna terbanyak yang naik di Stasiun Bogor sebelumnya pada Senin, (25/4) lalu angka tersebut lebih tinggi 11% atau sebanyak 31.456 pengguna.

Untuk stasiun dengan tujuan pengguna terbanyak atau sebagai stasiun tujuan, pada libur hari kedua lebaran ini juga terjadi di Stasiun Bogor dengan 41.662 pengguna, atau naik 102% dibanding satu hari sebelumnya atau di waktu yang sama yaitu sebanyak 20.588 pengguna. Jika dibandingkan dengan pengguna terbanyak yang turun di Stasiun Bogor sebelumnya pada Jumat, (1/4) lalu yaitu sejumlah 37.550 pengguna, angka tersebut lebih tinggi 11%.

Sementara itu, pada Selasa (3/5) hingga pukul 18.00 WIB, tercatat volume pengguna KA Lokal Merak relasi Rangkasbitung-Merak PP sejumlah 8.175 pengguna.

"Data tersebut naik 73% dibanding satu hari sebelumnya atau sebanyak 5.564 pengguna. Sebelumnya tercatat pengguna KA Lokal Merak terbanyak tercatat sebesar 6.650 pengguna pada Sabtu (30/4) lalu," ujar Anne.

Sedangkan volume pengguna KA Lokal Walahar dan Jatiluruh relasi Cikarang-Cikampek/Purwakarta PP sejumlah 9.653 pengguna atau naik 76% dibanding kemarin yang sejumlah 4.658 pengguna, sedangkan pengguna KA Lokal Walahar dan Jatiluruh terbanyak sebelumnya pada Jumat (29/4), lalu yaitu sebanyak 6.639 pengguna.

KAI Commuter terus menghimbau calon pengguna KRL khususnya pengguna yang transit dari KA Lokal, untuk menyiapkan Kartu Multi Trip (KMT) atau Kartu Bank untuk transaksi pembayaran tiket agar terhindar dari antrean di loket.

"Untuk pengguna yang membawa anak-anak khususnya balita, kami imbau untuk menghindari kepadatan saat hendak menggunakan KRL. Petugas juga akan mengatur pergerakan pengguna anak-anak yang akan menggunakan KRL, selama tidak terlalu padat petugas akan mengizinkan untuk naik KRL," ucapnya.

Khusus pengguna anak-anak di atas usia 3 tahun dan tinggi badan lebih dari 90 cm, sudah diwajibkan untuk membeli tiket sendiri. Pastikan anak selalu dalam pengawasan orangtua atau pendamping selama di stasiun dan di dalam perjalanan KRL. KAI Commuter tetap mengajak kepada orangtua untuk melindungi anak-anak dari penyebaran virus terutama anak balita yang belum vaksin.

KAI Commuter terus mengimbau untuk selalu patuhi Protokol kesehatan, gunakan masker yang benar saat naik KRL serta ikuti arahan petugas ketika adanya penyekatan di stasiun, mengingat kapasitas KRL saat ini masih diberlakukan sebesar 60% dari kapasitas. KAI Commuter juga memberlakuan aturan larangan berbicara, larangan makan dan minum selama diatas KRL agar kita tetap bisa menghindari penyebaran virus. Bawa barang secukupnya, Untuk ukuran maksimum barang bawan yang diizinkan yaitu 40Cm x 30Cm x 100Cm.

Bagi para pengguna, jika membutuhkan bantuan Informasi lain bisa menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121, atau mengirimkan email ke commuter.care@krl.co.id dan layanan Media Sosial Twitter/Instagram @commuterline. (OL-12)

Baca Juga

Ist

IKA Undip DKI Jakarta Siap Bermitra dengan Pemprov Realisasikan Program

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 14:42 WIB
IKA Undip) Provinsi DKI Jakarta mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) guna pemantapan program-program kerja dalam lebih memaksimalkan...
Ilustrasi

Polisi Kantongi Ciri-ciri Pelaku Begal di Kemayoran

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 29 Mei 2022, 12:44 WIB
"Dari tangkapan CCTV ciri-ciri pelaku sudah kita deteksi dan saat ini masih kita kembangkan karena memang jarak tangkapan cukup jauh,...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jakpro Pamerkan Mobil Balap Formula E di Bundaran HI

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 29 Mei 2022, 12:23 WIB
Pameran tersebut dibuat karena hanya sedikit masyarakat yang bisa melihat langsung balapan Formula E. Terlebih tiket untuk berbagai kelas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya