Rabu 20 April 2022, 16:50 WIB

Kecelakaan KRL vs Mobil, KAI Siap Tuntut Pengendara

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Kecelakaan KRL vs Mobil, KAI Siap Tuntut Pengendara

Antara
Petugas berusaha mengevakuasi mobil yang tertabrak KRL di kawasan Rawageni, Depok, Jabar.

 

BUNTUT kecelakaan di perlintasan sebidang yang menyebabkan gangguan perjalanan KRL relasi Bogor-Jakarta Kota, PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan melaporkan dan menuntut pertanggungjawaban pengemudi mobil sesuai peraturan yang berlaku.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyebut bahwa KAI menyayangkan kecerobohan pengemudi mobil yang tidak mendahulukan perjalanan kereta api. Sehingga, menyebabkan gangguan perjalanan KRL yang menghambat aktivitas masyarakat di pagi hari.

KRL KA 1077 (Bogor-Jakarta Kota) tertemper mobil pada perlintasan liar di kilometer 34+4/5 antara Stasiun Citayam-Depok pada pukul 06.47 WIB. Akibatnya, sejumlah perjalanan KRL sempat tertahan dikarenakan harus bergantian menggunakan satu jalur selama proses evakuasi mobil.

Baca juga: Tren Pengguna KRL Commuterline Naik 7% pada Hari Libur

Adapun sarana KRL tersebut juga mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan saat ini perjalanan KRL sudah kembali normal.

“KAI akan menuntut pengemudi mobil untuk mempertanggungjawabkan tindakannya, karena tidak mendahulukan perjalanan kereta api. Menyebabkan kerusakan sarana dan gangguan perjalanan,” ujar Joni dalam keterangan resmi, Rabu (20/4).

Baca juga: Polisi Dalami Laporan Ade Armando Terhadap Sekjen PAN

Seluruh pengguna jalan harus mendahulukan perjalanan kereta api saat melalui perlintasan sebidang. Hal tersebut sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2007 tentang perkeretaapian dan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, KAI bersama dengan Direktorat Keselamatan DJKA Kementerian Perhubungan dan kewilayahan setempat telah menutup perlintasan liar tersebut. Sehingga, kejadian serupa tidak akan terulang lagi. 

KAI mendukung penuh seluruh program penutupan perlintasan sebagai upaya menjamin keselamatan dan keamanan bersama. “Kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat akan melintasi perlintasan sebidang jalan raya dengan jalur kereta api. Pastikan jalur yang akan dilalui sudah aman," pungkas Joni.(OL-11)

Baca Juga

DOK.MI

Pelaku Pembunuhan di Jaksel Sempat Berkelahi dengan Korban

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 30 Juni 2022, 21:10 WIB
Diketahui, pelaku dan korban saling mengenal dan keduanya sama-sama merantau dari...
dok.pribadi

PP Hikmahbudhi Dukung Proses Hukum Roy Suryo di Polda Metro

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:56 WIB
Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi) menegaskan pihaknya mendukung proses hukum yang dilakukan Polda Metro Jaya terkait...
Dok.MI

Roy Suryo Serahkan Indentitas Pengunggah Pertama Meme Stupa Jokowi

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:21 WIB
Roy Suryo selesai menjalani pemeriksaan sebagai pelapor terkait meme stupa Candi Borobudur yang wajahnya diedit mirip Presiden Joko Widodo...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya