Selasa 15 Maret 2022, 11:40 WIB

Sampah Masker dan Plastik Dominasi Aliran Kali Pesanggrahan Kota Depok

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Sampah Masker dan Plastik Dominasi Aliran Kali Pesanggrahan Kota Depok

ANTARA/ASPRILLA DWI ADHA
Warga melihat sampah yang terbawa aliran air dan menyangkut di salah satu jembatan di Kali Pesanggrahan, Cipayung, Depok, Jawa Barat.

 

DINAS Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok membersihkan sampah yang menumpuk di bawah jembatan Kali Pesanggrahan di kawasan tempat pembuangan sampah (TPA) Cipayung. Sekitar 20 ton sampah yang sebagian besar masker bekas, kayu, plastik dan sampah rumah tangga menumpuk karena tersendat konstruksi jembatan setelah hujan deras sepanjang Kamis (17/2/2022).

Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPR Kota Depok Arga Dharma Tubagus mengungkapkan dominasi sampah yang diangkut dalam bersih-bersih tersebut adalah masker bekas, kayu, plastik dan sampah rumah tangga.

Baca juga: Lautan Sampah Kepung Kampung Nelayan Kalibaru

Tidak cuma itu, DPUPR juga menemukan selimut, bahkan popok bayi. Sejak hari Minggu (13/3) lalu DPUPR terus berupaya membersihkan sampah yang terbawa arus aliran Kali Pesanggrahan. "Total sampah akibat banjir yang kami angkut sejak Minggu lalu terkumpul 20 ton," kata Arga, Selasa (15/3).

Arga menambahkan, kegiatan membersihkan Kali Pesanggrahan merupakan agenda rutin Satgas Sumber Daya Air DPUPR Kota Depok. Mereka tiap hari melakukan edukasi dan pemetaan pada kali.

Menurut Arga, ada tiga kelurahan di Kota Depok yang dilalui Kali Pesanggrahan. Tiga kelurahan tersebut yaitu Kelurahan Cipayung, Kelurahan Pasir Putih dan Kelurahan Cinere.

"Karena itu, kami selalu konsisten untuk membersihkan dan memberikan edukasi kepada warga terkhusus warga yang tinggal dibibir Kali Pesanggrahan," tambahnya.

Kepala Seksi Pembangunan dan Rehabilitasi Sumber Daya Air DPUPR Kota Depok Bahtiar Ardiyansah mengungkapkan 20 ton sampah yang tersangkut di bawah konstruksi jembatan Kali Pesanggrahan yang menyebabkan banjir di Kelurahan Cipayung, Kelurahan Pasir Putih dan Kelurahan Cinere adalah sampah kiriman dari hulu Kota Depok.

"Itu sampah yang terbawa arus aliran Kali, adalah sampah dari hulu Kota Depok," katanya (KG/A-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Bertambah, Dana Boeing yang Diselewengkan Rp107,3 M

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:49 WIB
Dikatakan sebelumnya, jumlah total penyelewengan dana oleh ACT berjumlah Rp68 miliar, saat ini bertambah menjadi Rp107, 3...
MI

Manajer BCL Ditangkap Terkait Psikotropika, Keluarga Ajukan Rehabilitasi

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:38 WIB
"Benar, hari Jumat sekira pukul 14.00 WIB pihak keluarga mendatangi Polres Metro Jakarta Barat untuk mengajukan proses...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pergantian Nama Rumah Sakit jadi Rumah Sehat Sudah Disiapkan Lama

👤 Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:35 WIB
Pertimbangan pertama yakni untuk merubah pola pikir masyarakat, bahwa datang ke rumah sakit bukan hanya ketika sakit tetapi juga untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya