Selasa 22 Februari 2022, 15:33 WIB

Lautan Sampah Kepung Kampung Nelayan Kalibaru

Yurike Budiman (Metro TV)/ Muhardi (Story Builder) | Megapolitan
Lautan Sampah Kepung Kampung Nelayan Kalibaru

Metro TV/Yurike Budima
Lautan Sampah Kepung Kampung Nelayan Kalibaru

 

RATUSAN rumah di kawasan padat penduduk di Kali baru, Cilincing, Jakarta Utara terkepung sampah. Lautan sampah menghampar di perairan paling tepi dekat bibir pantai. Jenis sampah yang menumpuk di perairan tepi pantai didominasi sampah rumah tangga mulai dari , styrofoam, busa, hingga yang dominan, sampah plastik.

Dasuki, salah satu warga mengatakan tumpukan sampah terjadi sejak Oktober 2021. Menurutnya, penyebab terjadi tumpukan sampah karena tidak adanya tempat pembuangan sampah di kawasan ini. "Sejak Oktober 2021 sampah mulai menumpuk di sini," ujarnya saat diwawancara, Selasa (22/2/2022).

Bahkan, tak sedikit pula sampah yang menghampar di daratan tepi laut yang dari kondisinya terlihat sudah lama terdampar. 

"Sampah ini dari warga sekitar sini juga, kadang ada juga sampah dari orang seberang yang habis melakukan pesta dan buang sampahnya di sini juga," katanya.

Menurut Dasuki, wali kota, camat dan instansi lain pernah melihat kemari dan menawarkan bantuan kebersihan, namun dengan kondisi jalan yang sulit dilalui kendaraan pengeruk sampah maka tidak jadi dibersihkan.

"Terkendala akses jalan, sehingga mobil pengeruk sampah tidak bisa masuk. Terakhir pihak petugas PPSU dan Lingkungan Hidup Kelurahan Kali Baru sempat melakukan pembersihkan sampah, namun hanya dua hari dan tidak ada kelanjutannya lagi," tambahnya.

Ia berharap pemerintah setempat menyediakan tempat pembuangan sampah sementara di kawasan ini, sehingga warga tidak membuang sampah sembarangan yang menimbulkan bau yang tidak sedap dan dikhawatirkan menjadi sarang penyakit. (Mhd/A-3)

Baca Juga

Medcom

Pelaku Pelecehan di Mal Di Bintaro Penderita Gangguan Jiwa

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:00 WIB
Pelaku tindakan asusila terhadap seorang anak di sebuah mal (pusat perbelanjaan) di kawasan Bintaro, merupakan pengidap gangguan jiwa alias...
Dok. Pribadi

Kasus Pemukulan, Andy Cahyady Pertanyakan Status Kuasa Hukum dan Penjamin Wenhai Guan

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:30 WIB
Andy mempertanyakan kapasitas Marna Ina sebagai advokat dalam kasus tersebut kepada Kejaksaan Tinggi DKI...
DOK.MI

Gadaikan Mobil Sewaan, Pasutri Diciduk Polisi

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:35 WIB
DA dan SJ awalnya menyewa mobil milik korban berinisial YMS. Mobil tersebut disewa untuk operasional proyek dengan tarif Rp500 ribu per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya