Rabu 09 Maret 2022, 12:30 WIB

Mulai Hari Ini, Penumpang KRL Boleh Duduk Tanpa Jarak

Basuki Eka Purnama | Megapolitan
Mulai Hari Ini, Penumpang KRL Boleh Duduk Tanpa Jarak

ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah penumpang duduk di dalam rangkaian Kereta Rel Listrik (KRL) Commutter di kawasan Cilebut, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyampaikan penumpang KRL dapat duduk tanpa berjarak mulai hari ini, Rabu (9/3).

"Peningkatan kapasitas ini juga ditandai dengan pengguna kini dapat duduk tanpa berjarak. Petugas KAI Commuter telah mencabut dan membersihkan tempat duduk di KRL dari marka jaga jarak yang sebelumnya ada," kata Anne dalam keterangan resmi, Rabu (9/3).

Anne mengatakan KAI Commuter, saat ini, menjalankan operasi dan layanan KRL sesuai aturan terbaru dari pemerintah yaitu Surat Edaran Kemenhub Nomor 25 tahun 2022.

Baca juga: Mulai Hari Ini, KRL Yogyakarta-Solo Layani 60 Persen dari Kapasitas

Dalam aturan tersebut, kereta komuter di wilayah aglomerasi, termasuk KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo diperkenankan melayani pengguna hingga 60% dari kapasitas.

Menurut dia, kebijakan tersebut merupakan peningkatan setelah sebelumnya hanya melayani 45% dari kapasitas.

"Dengan dihapusnya marka pada tempat duduk, KAI Commuter mengajak pengguna untuk lebih disiplin mengikuti marka berdiri. Marka berdiri tetap berlaku sejalan dengan pembatasan kapasitas yang diatur dalam SE Kemenhub," katanya.

Ia melanjutkan, untuk anak usia di bawah lima tahun (balita), yang sebelumnya tidak diizinkan menggunakan KRL, kini sudah dapat kembali naik KRL dengan syarat didampingi orangtua dan mengikuti protokol kesehatan secara ketat serta menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk.

KAI Commuter mengimbau pengguna untuk tetap mengutamakan kesehatan anak, terutama yang belum divaksin, dan menghindari mobilitas kecuali untuk urusan penting maupun mendesak.

Anne menegaskan meski terdapat aturan perjalanan yang lebih fleksibel, sejalan dengan penanganan pandemi covid-19 yang membaik, pengguna KRL tetap perlu mengikuti aturan dan protokol kesehatan.

"Pengguna juga wajib sudah divaksin dengan melakukan scan melalui aplikasi Peduli Lindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin secara fisik," ujarnya.

Ia menambahkan operasional KRL tetap berjalan pada waktu pukul 04:00-22:00 WIB dengan 1.005 perjalanan per harinya.

Sementara untuk KRL Yogyakarta-Solo juga tetap beroperasi dengan 20 perjalanan KRL per hari. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Antara

Libur Sekolah, Penumpang KRL Jabodetabek Alami Kenaikan

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:40 WIB
Diketahui, penumpang KRL Jabodetabek dari awal sampai akhir Juni meningkat, yang turut dipengaruhi periode libur sekolah. Total penumpang...
MI/ VICKY GUSTIAWAN

57,7% Persen Kasus Harian Covid-19 Disumbang Jakarta

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 03 Juli 2022, 17:09 WIB
Sebanyak 931 kasus dari 1.614 kasus covid-19 nasional ditemukan di Provinsi DKI Jakarta pada Minggu...
MI/Andri Widiyanto

Positivity Rate DKI 11,3%, Kasus Aktif Tembus 9.363 Orang

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 03 Juli 2022, 13:46 WIB
Pemprov DKI pun terus menggencarkan program vaksinasi covid-19. Hingga saat ini, jumlah warga yang sudah divaksin dosis booster 4,08...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya