Jumat 25 Februari 2022, 21:45 WIB

GP Ansor Laporkan Balik Roy Suryo Terkait Pencemaran Nama Baik Menteri Agama 

Rahmatul Fajri | Megapolitan
GP Ansor Laporkan Balik Roy Suryo Terkait Pencemaran Nama Baik Menteri Agama 

MI/Rahmatul Fajri
Kepala Divisi Advokasi Litigasi dan Nonlitigasi Lembaga Bantuan Hukum Pimpinan Pusat GP Ansor Dendy Zuhairil Finsa

 

GERAKAN Pemuda (GP) Ansor melaporkan eks Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik terhadap Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

Sebelumnya, Roy Suryo sempat melaporkan Yaqut ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama dengan membandingkan azan dengan gonggongan anjing. Namun, laporan Roy Suryo ditolak polisi. 

Kepala Divisi Advokasi Litigasi dan Nonlitigasi Lembaga Bantuan Hukum Pimpinan Pusat GP Ansor Dendy Zuhairil Finsa mengatakan pihaknya melaporkan Roy Suryo terkait unggahan di akun Twitter yang berisi potongan pernyataan Yaqut. 

Ia menilai Roy Suryo telah melanggar UU ITE terkait pencemaran nama baik, perbuatan tidak menyenangkan, dan menimbulkan keonaran. 

"Soal konten video yang di dalam Twit dia itu yang memotong video aslinya dari media televisi yang dia potong hanya sepenggal saja, itu kan dugaan kuat membuat orang saling ribut, saling bermusuhan antar individu dan kelompok," kata Dendy, di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (25/2). 

Baca juga : Berkas Perkara Edy Mulyadi soal 'Jin Buang Anak' Dinyatakan P21

Dendy mengatakan, Yaqut bukan membandingkan azan dengan gonggongan anjing. Ia menyebut pernyataan Yaqut terkait konteks penjelasan penggunaan speaker masjid. 

“Tidak ada mengaitkan dengan azan dan gonggongan anjing. Namanya speaker suara harus diatur. Banyak contoh-contoh yang harus diatur. Jadi, Menag itu cuma membicarakan speaker. Konteksnya soal speaker bukan azan,” katanya. 

Laporan GP Ansor tersebut diterima Polda Metro Jaya dengan nomor LP/B/1012/II/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA tanggal 25 Februari 2022. Dalam laporan itu, pihak terlapor adalah Roy Suryo dan pihak korban disebutkan masyarakat Indonesia serta GP Ansor. 

Dendy melaporkan Roy Suryo terkait Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP dan atau Pasal 28 ayat 2 Jo Pasal 45 ayat 2 dan atau Pasal 32 ayat 1 Jo Pasal 48 ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 14 ayat 1 dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.(OL-7)

Baca Juga

Antara

Libur Sekolah, Penumpang KRL Jabodetabek Alami Kenaikan

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:40 WIB
Diketahui, penumpang KRL Jabodetabek dari awal sampai akhir Juni meningkat, yang turut dipengaruhi periode libur sekolah. Total penumpang...
MI/ VICKY GUSTIAWAN

57,7% Persen Kasus Harian Covid-19 Disumbang Jakarta

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 03 Juli 2022, 17:09 WIB
Sebanyak 931 kasus dari 1.614 kasus covid-19 nasional ditemukan di Provinsi DKI Jakarta pada Minggu...
MI/Andri Widiyanto

Positivity Rate DKI 11,3%, Kasus Aktif Tembus 9.363 Orang

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 03 Juli 2022, 13:46 WIB
Pemprov DKI pun terus menggencarkan program vaksinasi covid-19. Hingga saat ini, jumlah warga yang sudah divaksin dosis booster 4,08...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya