Senin 21 Februari 2022, 16:12 WIB

Anies Resmikan Pembangunan RDF Plan Atasi Penumpukan di Bantargebang

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies Resmikan Pembangunan RDF Plan Atasi Penumpukan di Bantargebang

Antara
Sejumlah pemulung memindahkan limbah plastik yang sudah dipilah di Bantargebang, Bekasi.

 

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan arahan dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022, dengan tema ‘Festival Kolaborasi Jakarta Sadar Sampah’, yang menekankan upaya kolaborasi multi-stakeholder, dalam mengatasi permasalahan sampah pada Senin (21/2) di TPST Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

Anies mengatakan, pada HSPN tahun ini, Pemprov DKI Jakarta melakukan groundbreaking fasilitas RDF Plant untuk mengolah sampah, baik sampah baru maupun sampah yang sudah terkumpul di TPST Bantargebang.

"Hal ini diproyeksikan bisa sampai 2.000 ton, rinciannya 1.000 ton sampah baru dan 1.000 ton sampah yang sudah ada di kawasan Bantargebang ini. Project ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi di hilir tentang pengelolaan sampah, yang sudah dikirimkan ke kawasan Bantargebang," ujar Anies.

Ia juga menjelaskan bahwa yang menghasilkan sampah dengan mengelola sampahnya jumlahnya tidak seimbang. Oleh karena itu, yang mengelola sampah tentu sadar tentang volume dan masalahnya, tetapi yang menghasilkan belum tentu sadar.

"Mari kita semua bangun kesadaran bahwa setiap kita menghasilkan sampah, kalau dihitung tadi rata-ratanya 0,7 kg per hari. Ayo kurangi sampahnya, mari kita manfaatkan residu, agar tidak menjadi timbunan sampah, dan mari kita pilah sehingga membantu di dalam pengelolaannya," jelas Anies.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, menambahkan, RDF Plant ini adalah pabrik bahan bakar turunan dari sampah lama yang ditambang dari gunungan landfill sampah. Nilai kalor RDF ini setara batubara muda.

Ia juga menyebut, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) hari ini turut menyerahkan aset Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Merah Putih kepada Pemprov DKI Jakarta. "Hal ini menjadi pilot project antara BRIN dengan DKI Jakarta. Kami mengapresiasi ini, sebuah pembangkit lisrik berbahan bakar sampah karya putra-putri terbaik bangsa,” jelas Asep.

Dibangun menggunakan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), RDF Plan ditargetkan selesai pada kuartal III tahun ini. (OL-12)

Baca Juga

MI/HO

Warga Bogor Realisasikan Hidup Sehat bersama Teman Sandi

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 12:21 WIB
Deklarasi ini juga diiringi dengan senam yang diikuti oleh puluhan...
MI/HO

Sobat Erick Gandeng Warga Hingga Komunitas Pedagang di Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 12:16 WIB
Memulai aksi, Sobat Erick Jakarta Timur bertandang ke Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur untuk menyosialisasikan sosok Erick...
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Selain Bangun Jalur Sepeda, DPRD: Perbaikan Angkutan Umum Diprioritaskan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 25 September 2022, 11:42 WIB
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta M. Taufik Zulkifli menyambut positif target Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ingin menyediakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya