Rabu 08 Desember 2021, 16:29 WIB

Tingkatkan Ketahanan Masyarakat, Astra Dukung Sayembara Kampung Tangguh Jaya 2021

mediaindonesia.com | Megapolitan
Tingkatkan Ketahanan Masyarakat, Astra Dukung Sayembara Kampung Tangguh Jaya 2021

DOK ASTRA

 

Penyerahan hadiah secara simbolis kepada pemenang Sayembara Kampung Tangguh Jaya 2021 oleh Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si (kedua kanan) didampingi Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah (kanan).


UNTUK mendukung terbentuknya ketahanan masyarakat dalam mengatasi pandemi COVID-19, Astra bersama Polda Metro Jaya pada hari ini (8/12) mengadakan acara puncak Sayembara Kampung Tangguh Jaya (KTJ) 2021 yang bertajuk 'Piala Kapolda Kampung Tangguh Jaya'. 

Kegiatan ini merupakan wujud dukungan Astra dalam membentuk ketahanan masyarakat terhadap pandemi COVID-19 di tingkat RT dan RW melalui sinergi dengan TNI-Polri dan pemerintah daerah. Turut hadir Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol Mohammad Fadil Imran beserta jajarannya, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, dan Head of Security Astra Muslich.

“Kami berharap implementasi program sinergi di Kampung Tangguh Jaya dapat terus berkelanjutan sehingga dapat terbentuk ketahanan masyarakat yang mandiri,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah dalam sambutannya.

Baca Juga: Menuju HUT ke-65 Astra, Kobarkan Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama

Para finalis dan pemenang Sayembara Kampung Tangguh Jaya 2021 bersama dengan Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si (keenam kiri) dan Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah (kelima kanan).

Untuk memperluas area binaan dan penguatan program KTJ pada tahun mendatang, Astra bersama dengan Polda Metro Jaya melakukan penilaian atas KTJ terbaik di tiap-tiap wilayah hukum Polres Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur dalam Sayembara KTJ 2021.

Terdapat 130 indikator yang menjadi acuan tim penilai, mulai dari konsistensi implementasi program, penanganan COVID-19, ketangguhan sumber daya manusia (SDM), ketangguhan sistem, ketangguhan sarana dan prasarana pendukung, serta ketangguhan keamanan dan penanggulangan kebencanaan.

Berdasarkan hasil penilaian dari sayembara yang dilakukan, terpilihlah KTJ RW 05 Sunter Agung dari Jakarta Utara sebagai pemenang Sayembara KTJ 2021. Pemenang Sayembara KTJ 2021 berhak mendapatkan hadiah berupa piala dan dana pembinaan sebesar Rp25 juta. 

KTJ merupakan strategi kolaboratif antara TNI-Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat yang berfokus dalam pemecahan permasalahan melalui upaya identifikasi, analisis, penentuan aplikasi penyelesaian masalah, dan evaluasi. Pembentukan KTJ bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19, mencegah terjadinya kejahatan, dan meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat.

Sejak pertengahan tahun ini, Astra telah berkolaborasi dengan empat KTJ wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, yaitu KTJ Bendungan Hilir, KTJ Petamburan, KTJ Karet Tengsin, dan KTJ Warakas. Astra secara aktif melakukan serangkaian kegiatan pembinaan untuk meningkatkan kesadaran warga melalui seminar daring yang rutin digelar setiap bulan, pelatihan tanggap darurat bencana, pagelaran lomba 17 Agustus, dukungan vaksinasi, hingga pemberian bantuan sembako kepada warga terdampak pandemi COVID-19.

Selain berfokus pada ketahanan terhadap COVID-19, dukungan Astra terhadap KTJ diharapkan dapat diperkuat dengan membentuk ketahanan pada pilar-pilar lain seperti sumber daya manusia, keamanan, ekonomi, sosial, budaya, informasi, logistik, kesehatan, hingga psikologi. (RO/OL-10)

Baca Juga

MI/Dok PT MITJ

Berkolaborasi dengan Jepang, MITJ Bangun TOD di Jakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 27 Januari 2022, 08:15 WIB
PT MITJ berharap kerja sama ini dapat mengakselerasi inisiatif-insiatif strategis integrasi dan pengembangan TOD serta terjalinnya kerja...
DOK/ATALIAN Global Services Indonesia

Atalian Global Services Indonesia Resmikan Kantor Pusat Baru

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:25 WIB
Atalian menyediakan lokasi terpusat untuk mengelola operasional, keamanan, dan helpdesk sepanjang...
Antara/Aprilio Akbar

Pemprov DKI Optimistis Pembangunan Sirkuit Formula E Tepat Waktu 

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 26 Januari 2022, 21:30 WIB
PT Jakpro mengakui Formula E belum dapat sponsor, sehingga kini memakai dana talangan dulu untuk bangun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya