Kamis 26 Agustus 2021, 08:24 WIB

Wali Kota Bekasi Bagikan Ramuan Rempah Penguat Imun Tubuh

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Wali Kota Bekasi Bagikan Ramuan Rempah Penguat Imun Tubuh

MI/Dok Pemkot Bekasi
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi

 

WALI Kota Bekasi Rahmat Effendi rupanya mempunyai tips untuk menjaga kebugaran tubuh agar selalu fit pada masa pandemi covid-19. Rahmat, yang akrab disapa Pepen, mengaku telah membuat sendiri racikan jamu rempah sebagai penguat imun tubuh.

Pepen mengatakan ada racikan yang dibuatnya seperti sebuah vitamin tapi dari rempah-rempah seperti jahe, temulawak, kunyit dan lainnya yang dimasukkan dalam sebuah kapsul obat. 

Uniknya, ramuan itu dibuat seperti serbuk dengan diblender atau diulek langsung seperti jamu biasanya. Bahan rempah itu merupakan rahasia umum yang telah dianjurkan, dikemas dengan rapi seperti obat dan langsung dibagikan ke beberapa Kepala OPD di Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

Baca juga: Ini Alasan Dishub DKI Kurangi Ruas Jalan Ganjil Genap

"Sebagian banyak yang menanyakan kepada saya mengenai daya tahan tubuh untuk mencegah terserang covid-19 ini. Saya membuat langsung ramuan jamu tersebut dan dikonsumsi setiap harinya. Sebagian saya bagikan kepada teman-teman perangkat daerah dalam mencegah maupun yang terkena covid-19, salah satunya Kabag Humas dalam beberapa waktu bisa dinyatakan negatif. Ini hanya ramuan biasa saja," ungkap Pepen, Kamis (26/8).

Wali Kota menerangkan ramuan rempah itu hanya bentuk pencegahan dirinya untuk menjaga bahaya covid-19. 

Memang pada umumnya bentuk jamu yang dianjurkan dalam pembuatan jamu empon-empon dari rempahan adalah diseduh dengan air. Tetapi agar lebih simpel dan bisa dikonsumsi kapan saja serbuk jamu tersebut dimasukkan ke dalam kapsul sehingga bisa dibawa kemana-mana.

Menurutnya, ramuan jamu tersebut hanya dikonsumsi pribadi dan kebetulan juga diberikan kepada teman-teman perangkat daerah yang sempat terkena positif covid-19. Salah satunya Kabag Humas Setda Kota Bekasi Sajekti Rubiyah saat menjadi penyintas covid-19 dikirimi langsung racikan jamu tersebut oleh Wali Kota Bekasi.

Pepen mengungkapkan, selain ramuan jamu rempah recikannya, kegiatan untuk olahraga rutin seperti lari kecil pagi hari, melakukan sit-up, dan push-up adalah cara menyehatkan badan. Apalagi pada saat masa pandemi kali ini sangat penting untuk imun tidak turun dan bisa mudah terserang penyakit.

Ia juga mengimbau masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi. Meskipun angka kasus covid-19 di Kota Bekasi saat ini sudah jauh melandai. 

"Berkat kerja sama dari semua elemen termasuk tertibnya warga yang mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

DOK Pribadi.

SW Painting Festival Pamungkas Tampil di Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:19 WIB
SW Indonesia mengajak pengembang terkemuka Grup Agung Podomoro Land Tbk berkolaborasi untuk program CSR di bidang seni dan budaya di...
ANTARA

IPW: Jika Terbukti Hilangkan Barang Bukti, Ferdy Sambo Dapat Dipecat dan Dipidana

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:15 WIB
INDONESIA Police Watch (IPW) menilai Irjen Ferdy Sambo dapat dipecat dari Korps Bhayangkara jika terbukti merusak, menghilangkan barang...
DOK MI

Ajudan Istri Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:07 WIB
TIM Khusus (Timsus) Polri menangkap Brigadir Ricky Rizal terkait kasus tewasnya Brigadir Novriansyah Yosua Hutabarat alias Briagadir J di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya