Senin 05 Juli 2021, 13:45 WIB

Penyekatan Tidak Efektif, PDIP Minta Aparat Sidak ke Perkantoran

Cahya Mulyana | Megapolitan
Penyekatan Tidak Efektif, PDIP Minta Aparat Sidak ke Perkantoran

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Kepadatan kendaraan di ruas Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, dalam masa pemberlakuan PPKM Darurat

 

IMPLEMENTASI Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat belum efektif. Kepala daerah sebagai penanggung jawab berikut ujung tombak pelaksanaannya harus serius menegakan kebijakan ini.

"PPKM darurat belum berjalan efektif sesuai tujuannya. Terbukti pada hari ini, Senin (5/7), dari jam 8 pagi mobil menumpuk di jalan tol kota Jakarta padahal pemerintah sudah mencanangkan WFH (work from home/bekerja di rumah) 80-100 %," papar Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang dalam keterangannya, Senin (5/7).

Menurut Politisi PDIP ini, pemerintah daerah selaku ujung tombak harus serius dengan menggerakkan semua perangkatnya menjalankan kebijakan ini. Pengawasan dan penegakan aturan ini harga mati supaya PPKM darurat bisa menekan jumlah kasus covid-19.

"Untuk itu pemerintah sesuai perintahnya harus melakukan sweeping ke setiap perkantoran sesuai aturan dan memberikan sanksi. Penyekatan-penyekatan juga perlu diperketat dititik-titik tertentu," katanya.

Baca juga: Anies: Banyak Perusahaan belum Taat PPKM Darurat

Pemerintah setingkat kelurahan patut berjalan beriringan dengan gubernur, walikota/bupati menegakan PPKM darurat. "Mereka harus turun ke lapangan melakukan pengecekan kepatuhan masyarakatnya, melarang kerumunan dan wajib protokol kesehatan dijalankan," paparnya.

Kekosongan oksigen dan obat-obatan untuk covid hrs cepat diatasi oleh pemerintah dan diambil tindakan hukum. Karena disinyalir kosongnya keduanya akibat penimbunan.

"Harga obat-obatan untuk covid-19 yang bisa naik sampai 300-500% adalah perbuatan yang tidak berprikemanusiaan dan kejahatan kemanusiaan tidak boleh dibiarkan dan harus diberi efek jera," tegasnya.

Rumah sakit sebagai markas kesehatan harus mendapat jaminan ketersediaan oksigen. "Bila perlu harus ada koordinasi komunikasi intensif kesetiap RS dengan membntuk satuan tugas khusus untuk memastikan ketersediaan oksigen dan obat. Keselamatan rakyat harus dijamin dan mnjadi hukum tertinggi," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Dok. Gerai Lengkong

Mimpi Gerai Lengkong Tangsel Majukan UMKM Beromzet Miliaran

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 08 Agustus 2022, 17:39 WIB
Ia juga meminta para pengelola UMKM membuka diri, untuk bisa melatih dan memperbaiki...
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Bertambah, Dana Boeing yang Diselewengkan Rp107,3 M

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:49 WIB
Dikatakan sebelumnya, jumlah total penyelewengan dana oleh ACT berjumlah Rp68 miliar, saat ini bertambah menjadi Rp107, 3...
MI

Manajer BCL Ditangkap Terkait Psikotropika, Keluarga Ajukan Rehabilitasi

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:38 WIB
"Benar, hari Jumat sekira pukul 14.00 WIB pihak keluarga mendatangi Polres Metro Jakarta Barat untuk mengajukan proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya