Kamis 17 Juni 2021, 19:49 WIB

Tingkatkan Skill Warga Binaan, Lapas Salemba Gandeng Kampus

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Tingkatkan Skill Warga Binaan, Lapas Salemba Gandeng Kampus

MI/Ramdani
Produk warga binaan Lapas Salemba

 

LEMBAGA Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Salemba, Jakarta Pusat menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak, seperti hotel dan universitas untuk meningkatkan keterampilan warga binaan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan DKI Jakarta Marcelina Budiningsih mengatakan para warga binaan sebelumnya telah membuat kerajinan tangan, mulai dari sendal hotel, tas, penutup minuman, hingga tempat tisu.

Melalui kerja sama ini, hasil keterampilan warga binaan tersebut nantinya bisa dijual. Sehingga, memacu warga binaan terus produktif membuat kerajinan tangan dan meningkatkan keterampilan.

"Warga binaan juga dilatih di sini seperti keterampilan perbaikan AC. Jadi jika warga binaan keluar dari sini bisa mengembangkan keahlian mereka," kata Marcelina, di Lapas Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (17/6).

Baca juga : Polri: Ada 3 Ribu Pinjaman Online tak Terdaftar di OJK

Kepala Lapas Kelas IIA Salemba Yosafat Rizanto menambahkan kerja sama ini sebelumnya pernah terjalin, tetapi sempat terhenti selama 2 tahun. Dengan kembali berjalannya kerja sama ini diharapkan meningkatkan keterampilan dan pelatihan terhadap warga binaan. Sehingga, warga binaan mendapatkan bekal selepas bebas dari Lapas.

"Harapan saya ketika mereka keluar dari sini tidak melakukan tindak pidana lagi terus bisa kembangkan keterampilan yang mereka dapat," ucapnya.

Yosafat mengatakan penyaluran keterampilan yang saat ini masih berjalan adalah pembuatan sendal hotel. Warga binaan tercatat telah membuat tiga hingga tujuh ribu sendal hotel. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Aditya Pradana Putra

DKI Targetkan Kemiskinan Ekstrem Hilang Total Tahun Depan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 03 Februari 2023, 10:57 WIB
Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan ekstrem di Jakarta per Maret 2022 sebesar...
ANTARA/@Instagram/jktinfo

Gedung PWRI di Cilandak Jaksel Terbakar, 22 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

👤 Khoerun Nadif Rahmat 🕔Jumat 03 Februari 2023, 10:14 WIB
Kebakaran diduga dipicu dari percikan api yang bersumber dari penangkal petir. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 19.30...
MI/SUPARDJI RASBAN

Bacaan Ijab Kabul Nikahan dalam Bahasa Arab, Sunda, Jawa, dan Artinya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 03 Februari 2023, 09:00 WIB
Pengucapan ijab kabul pun tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk melafalkan ijab...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya