Rabu 09 Juni 2021, 14:07 WIB

238 Ribu Calon Peserta Didik Baru Sudah Daftar PPDB

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
238 Ribu Calon Peserta Didik Baru Sudah Daftar PPDB

ANTARA/Candra Yanuarsyah
Sejumlah siswa SMA di Kabupaten Garut, Jawa Barat, saat menjalani proses belajar mengajar tatap muka, Desember 2020 lalu.

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengatakan, hingga pagi ini tercatat sudah ada 238.554 orang calon peserta didik baru (CPDB) yang mendaftar Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di situs PPDB daring DKI.

Dari jumlah tersebut, total calon peserta didik SD yang sudah mendaftar adalah 53.686 orang. Kemudian untuk SMP calon peserta didik yang mendaftar ada 96.961 orang. Untuk calon peserta didik jenjang SMA dan SMK yang mendaftar sudah 98 ribu orang.

Baca juga: Langgar PPKM, Pelaku Usaha di Bekasi Bisa Terancam Denda Rp50 Juta

"Sementara daya tampung untuk jenjang negeri untuk semua jenjang sekolah negeri itu hanya 212.212. Jadi sudah melebihi daya tampung yang ada," kata Ariza saat meninjau Posko PPDB Sudin Pendidikan 1 Jakarta Pusat di SMKN 27 Jakarta, Rabu (9/6).

Membludaknya pendaftaran CPDB ini menurut Ariza, menggambarkan betapa antusiasnya para orangtua untuk memasukkan anak-anaknya ke sekolah negeri. Ia menegaskan Pemprov DKI berupaya agar memeratakan kualitas pendidikan di semua sekolah baik swasta maupun negeri.

Sehingga, nantinya pendaftar PPDB sekolah negeri tidak lagi membludak seperti tahun-tahun lalu dan tahun ini.

"Kita berusaha semua sekolah menjadi sekolah yang baik sekolah unggulan. Tidak ada lagi ke depan sekolah A, B, C saja yang menjadi sekolah unggulan. Justru dengan pola dua tahun belakangan kita berharap semua sekolah di Jakarta menjadi sekolah unggulan, jadi sekolah yang baik," ujarnya.

Perbaikan dan pemerataan kualitas sekolah juga akan diberlakukan kepada sekolah swasta. Pemprov DKI telah terus menerus melakukan pembahasan untuk dapat meningkatkan mutu sekolah swasta.

"Jadi tidak masalah bagi siswa sekolah di mana saja. Disdik akan berikan kualitas pendidikan terbaik bagi siswa," tandasnya. (OL-6)
 

Baca Juga

ANTARA

Angka Covid-19 Meningkat, Polisi Kembali Gencarkan Razia Kerumunan

👤Siti Yona Hukmana 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 23:55 WIB
Marsudianto mengatakan ada sebanyak 250 personel gabungan dikerahkan malam ini. Terdiri dari Polri, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja...
Instagram

Bajing Loncat Telur di Koja Terancam Tujuh Tahun Penjara

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 21:59 WIB
"Kalau dirupiahkan sekitar Rp352 ribu, isinya itu 240 butir satu peti. Pelaku jual ke penadah Rp 150 ribu satu peti,"...
Antara

62 Warga Tambora Terjaring Razia Masker

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 20:53 WIB
Warga yang terjaring razia masker mendapat sanksi denda dan membersihkan fasilitas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perangkat Terenkripsi Jerat Penjahat di Seluruh Dunia

LEBIH dari 800 penjahat telah ditangkap di seluruh dunia seusai dijebak menggunakan aplikasi pesan terenkripsi yang dijalankan FBI.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya