Sabtu 08 Mei 2021, 20:30 WIB

Wakapolri Imbau Masyarakat Patuhi Larangan Mudik

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Wakapolri Imbau Masyarakat Patuhi Larangan Mudik

Antara/Didik Suhartono
Petugas melakukan penyekatan pemudik di Akses Jembatan suramadu

 

WAKIL Kepala Polri Komjen Gatot Eddy Pramono mengimbau masyarakat mematuhi kebijakan terkait larangan mudik Lebaran tahun ini. Hal itu diungkapkan Gatot saat meninjau Bakauheni, Lampung, bersama Kepala Korps Lalu LIntas Polri Irjen Istiono dengan helikopter, Sabtu (8/5).

"Yang paling penting yaitu masyarakat harus patuh terhadap protokol kesehatan (prokes), karena ini bukan untuk siapa-siapa tapi untuk kesehatan kita semua," kata Gatot. 

Gatot mengatakan, larangan mudik bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan mencegah kenaikan kasus pascalibur Lebaran. Maka dari itu, Gatot pun meminta seluruh masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemerintah terkait larangan mudik. 

"Di rumah saja, mudik virtual seperti itu. Sekarang kan sudah maju, bisa dengan video call, bisa dengan aplikasi zoom, dan lain sebagainya," ungkap Gatot. 

Sementara itu, Gatot turut mengapresiasi Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri dan jajaran terkait adanya E-Cakra yang dibuat oleh Polda Jawa Barat. 

Gatot menyebut, E-cakra Ini adalah satu aplikasi yang bisa melihat langsung anggota saat bertugas mengawasi larangan mudik tahun ini.

Baca juga : Lolos Mudik, Pemudik Tetap Dikarantina di GOR Satria Banyumas

"Jadi pak Kapolda ini dengan jajaran lalu lintasnya bisa mengendalikan anggota di lapangan. Apakah anggota itu benar-benar melakukan tugas penyekatan atau tidak," kata Gatot.

E-Cakra, kata Gatot, juga memudahkan bagi anggota itu sendiri sehingga anggota tidak perlu melakukan laporan tertulis, dan cukup disampaikan lewat aplikasi E-Cakra. 

"Ini memudahkan sekali. Pak Kapolda tidak perlu cek langsung datang ke lapangan, tetapi melalui handphone atau melalui aplikasi lainnya, zoom dan lain sebagainya bisa mengecek langsung," ucapnya. 

Gatot pun menyarankan agar E-Cakra bisa diterapkan di jajaran lalu lintas seluruh Indonesia. 

Karena E-Cakra ini juga akan mempermudah semuanya. Mudah pengendaliannya dan anggota juga bertanggung jawab karena ada poin-poinnya. Nanti bisa kelihatan mana anggota yang betul-betul bekerja, mana anggota yang bekerjanya malas-malasan," pungkasnya.(OL-7)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Percepat Vaksinasi, DKI Siapkan Sejumlah Sentra Vaksinasi Covid-19    

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 24 Juni 2021, 23:40 WIB
Pria yang akrab disapa Ariza itu mengatakan, program ini dilakukan guna mengikuti arahan kebijakan Presiden Joko Widodo yang meminta agar...
Antara

Asosiasi Ojek Online Dukung PPKM Mikro

👤RO/Micom 🕔Kamis 24 Juni 2021, 21:01 WIB
Langkah penerapan PPKM mikro dinilai lebih baik ketimbang...
MI/Yakub P.W

Kasus Covid-19 di Tebet Melonjak, BIN Tracing Lewat Swab Antigen Gratis

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 24 Juni 2021, 20:45 WIB
MEDICAL Intelijen Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar Swab Antigen dan PCR gratis di Lapangan Tennis Bank Mandiri,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Talenta Muda Curi Perhatian

PIALA Eropa 2020 dipastikan telah menjadi ajang kemunculan pemain-pemain muda yang punya kemampuan mengejutkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya