Kamis 01 April 2021, 18:40 WIB

Pelaku Teror Mabes Polri Gunakan Senjata Jenis Airgun

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan
Pelaku Teror Mabes Polri Gunakan Senjata Jenis Airgun

Antara
Polisi bersenjata berjaga di depan gedung Mabes Polri.

 

KEPALA  Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono memastikan jenis senjata yang digunakan pelaku teror Zakiah Aini di Mabes Polri merupakan jenis Airgun berkaliber 4,5 MM.

Kepastian itu diperoleh seusai Polri melakukan pendalaman dan pengecekan dari uji labfor atas sejumlah barang bukti, yang ditemukan dari jasad pelaku teror.

"Dari hasil pengamatan gambar senjata yang dipergunakan pelaku jenis pistol Airgun BB bullet call 4,5mm," papar Argo, Kamis (1/4).

Baca juga: Ini Kronologi Pelaku Teror Bisa Menembus Mabes Polri

Di sisi lain, lanjut dia, pihak kepolisian sampai saat ini masih melakukan penyelidikan soal asal-usul senjata Air Gun hingga dimiliki pelaku. 

Apalagi, pelaku telah meninggal dunia karena aksi terornya tersebut. Sehingga, diperlukan pendalaman untuk mengetahui darimana senjata itu diperoleh. "Asal senjata masih diselidiki. Karena yang bersangkutan sudah meninggal," imbuh Argo.

Senjata Airgun milik pelaku menggunakan gas Co2 sebagai pendorong peluru. Penggunaan Co2 ditancapkan dan dipasang pada bagian popor senjata. Airgun sendiri merupakan salah satu jenis senjata angin. 

Baca juga: Polda Metro Jaya Amankan 833 Gereja Jelang Jumat Agung

Mekanisme yang digunakan untuk menembak dengan memanfaatkan tekanan angin. Hal serupa bisa ditemukan pada senapan angin atau airsoft gun. Namun, terdapat perbedaan, yakni angin yang digunakan airgun adalah karbon dioksida (CO2). 

Peluru yang digunakan juga berbentuk bola kecil atau gotri yang terbuat dari logam. Berbeda dari airsoft gun yang menggunakan peluru dari plastik yang lebih ringan. 

Sehingga, airgun lebih memiliki kekuatan dan lebih berbahaya ketimbang airsoft gun. Jika ditembak dari jarak dekat, airgun bisa melukai atau bahkan mematikan orang.(OL-11)

 

Baca Juga

Dok MI

Pemudik tanpa Surat Bebas Covid-19 Diimbau Lapor Polsek

👤Ant 🕔Selasa 18 Mei 2021, 23:58 WIB
Yusri mengatakan Polda Metro Jaya telah menyiapkan fasilitas tes usap antigen gratis bagi para pemudik yang kembali ke...
dok.mi

Jaksa Tuntut Residivis Produksi Gas Melon tak ber-SNI 18 BulanĀ Bui

👤Dede Susianti 🕔Selasa 18 Mei 2021, 21:35 WIB
TERDAKWA utama pelaku produksi tabung gas melon tak berstandar nasional Indonesia (SNI) dituntut 18 bulan penjara oleh jaksa pada Kejari...
ANTARA

Sandiaga Puji Anies yang Tutup Obyek Wisata karena Dibanjiri Warga

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 18 Mei 2021, 21:18 WIB
Pemprov DKI Jakarta telah menutup sementara sejumlah tempat wisata sejak 15 hingga 17 Mei, seperti Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berebut Fulus dari JAKARTA

Jawa Barat menjadi primadona pariwisata bagi warga Jakarta. Namun, sejak pembangunan jalan tol dan terhubung dengan tol trans-Jawa
menyebabkan fulus wisatawan Jakarta terbelah.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya