Jumat 05 Maret 2021, 01:55 WIB

DKI Nihil Zona Merah Tetap Gencarkan 3T dan Disiplin 5M

Hilda Julaika | Megapolitan
DKI Nihil Zona Merah Tetap Gencarkan 3T dan Disiplin 5M

MI/Vicky Gustiawan.
Mural berisi imbauan menggunakan masker di Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

DKI Jakarta tercatat menjadi salah satu provinsi yang mencatatkan kondisi nihil zona merah penyebaran covid-19 dalam laporan yang disampaikan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Nasional. Pada 14 Februari, lima wilayah kota administratif di DKI Jakarta berstatus zona merah penularan covid-19.

Pada pekan ini sejalan dengan penurunan jumlah kasus harian di DKI Jakarta, bahkan data per 3 Maret 2021 menurun signifikan sebanyak 536 kasus aktif. Saat ini kelima wilayah kota tersebut tidak masuk dalam zona merah penularan covid-19.

Anggota Komisi E DPRD DKI yang membidangi Kesehatan dari Fraksi PKS Solikhah mengapresiasi pencapaian tidak adanya zona merah di lima wilayah DKI Jakarta. Menurutnya, itu hasil kerja keras yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui jajaran Dinas Kesehatan, SKPD terkait serta pihak-pihak lain dalam menggencarkan tes swab dan pelacakan kasus melalui test-tracing-treatment (3T), termasuk gerakan disiplin memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas (5M).

"Kasus baru harian juga menunjukkan tren menurun dan sudah terjadi pelandaian kurva penularan. Jangan lengah, tetap gencarkan 3T dan disiplin 5M," jelas Solikhah dalam keterangan resminya, Kamis (4/3).

Sebelumnya, sambungnya, di Januari penambahan kasus bisa mencapai lebih dari 3.000 dalam sehari bahkan pernah di atas 4.000 kasus. Kemudian dalam sepekan terakhir, ini sudah di bawah 1.000 kasus per hari.

"Positivity rate di Jakarta jika dihitung berdasarkan jumlah kasus baru juga sudah mencapai 11,1%. Diharapkan angkanya terus menurun menjadi di bawah 10%," paparnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/HO

Kali Sunter Meluap, Cipinang Melayu Banjir

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 15 April 2021, 08:25 WIB
Menurut salah warga terdampak banjir, Yati, air luapan Kali Sunter mulai menggenangi permukimannya pada Rabu (14/4) sekitar pukul 18.30...
ANTARA/Puspa Perwitasari/

Hujan Diprediksi Guyur Jakarta Siang dan Malam Ini

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 15 April 2021, 08:05 WIB
Warga diminta waspada dengan perubahan cuaca yang...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Jadi Akses Tawuran, Warga Minta JPO Kali Sentiong Dibongkar

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 15 April 2021, 07:43 WIB
"Aspirasi warga sudah kami tindak lanjuti ke Sudin Bina Marga Jakarta Pusat. Namun, pembongkaran jembatan itu harus dilakukan dengan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya