Senin 01 Maret 2021, 22:05 WIB

Pemprov DKI Klaim Mampu Kendalikan Covid-19 Selama Setahun Ini

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Pemprov DKI Klaim Mampu Kendalikan Covid-19 Selama Setahun Ini

ANTARA FOTO/Deka Wira S
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kanan)

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan selama satu tahun sejak kasus pertama covid-19 diumumkan oleh pemerintah pada 2 Maret 2020, pihaknya bisa mengendalikan pandemi covid-19 di Ibu Kota.

Riza mengatakan keberhasilan itu berdasarkan pada angka kesembuhan yang menyentuh 95% dan angka kematian sebesar 1,65% per 1 Maret 2021.

"Kalau lihat fakta dan data ini kita bersyukur. Angka kesembuhannya 95,3% per 1 Maret, angka kematian 1,6%. Artinya sekalipun masih cukup tinggi positif hari ini ada 2.098, tapi ini menunjukkan Jakarta mampu mengendalikan cukup baik," kata Riza di Jakarta, Senin (1/3).

Selain itu, Riza mengatakan saat ini ruang ICU terisi 70% dan tempat tidur terisi 64%. Ia mengatakan pihaknya masih terus meningkatkan jumlah rumah sakit rujukan, tenaga kesehatan, dan laboratarium.

"Kita memiliki kapasitas 25.143. Ini data-data yang bisa kita hadirkan sejauh ini Pemprov DKI Jakarta terus meningkatkan berbagai sarana dan prasarana pendukung terkait dengan pengendalian covid-19," kata Riza.

Baca juga: Jatah Vaksin Wali Kota Bogor Direlakan kepada yang Lebih Butuh

Lebih lanjut, Riza juga mengatakan pihaknya juga bekerja sama dengan TNI, Polri, dan organisasi masyarakat untuk menegakkan protokol kesehatan guna menekan penyebaran covid-19. Diharapkan dengan adanya upaya bersama itu masyarakat jadi memerhatikan protokol kesehatan. Ia mengatakan keberhasilan dalam menekan penyebaran covid-19 kembali lagi kepada kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Betapapun hadirnya aparat sebanyak mungkin dan betapa pun beratnya sanksi yang diberikan sekali lagi ternyata menurut pakar-pakar itu hanya memberikan kontribusi 20%, 80% nya terletak pada kepatuhan disiplin daripada masyarakat," kata Riza. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA/HO

Kali Sunter Meluap, Cipinang Melayu Banjir

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 15 April 2021, 08:25 WIB
Menurut salah warga terdampak banjir, Yati, air luapan Kali Sunter mulai menggenangi permukimannya pada Rabu (14/4) sekitar pukul 18.30...
ANTARA/Puspa Perwitasari/

Hujan Diprediksi Guyur Jakarta Siang dan Malam Ini

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 15 April 2021, 08:05 WIB
Warga diminta waspada dengan perubahan cuaca yang...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Jadi Akses Tawuran, Warga Minta JPO Kali Sentiong Dibongkar

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 15 April 2021, 07:43 WIB
"Aspirasi warga sudah kami tindak lanjuti ke Sudin Bina Marga Jakarta Pusat. Namun, pembongkaran jembatan itu harus dilakukan dengan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya