Senin 18 Januari 2021, 20:24 WIB

Keberatan PPKM, APBBI DKI Klaim Mal Bukan Klaster Covid-19

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Keberatan PPKM, APBBI DKI Klaim Mal Bukan Klaster Covid-19

MI/Ramdani
Suasana pusat perbelanjaan di Jakarta

 

PUSAT perbelanjaan atau mal di Ibu kota diklaim selama ini tidak menyumbang kasus klaster covid-19. Hal itu disampaikan oleh Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat.

Pihaknya merasa keberatan dengan kebijakan pemerintah pusat terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Ellen mengatakan, 82 mal yang tergabung dengan pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. 

"Sampai saat ini perlu kami tegaskan bahwa pusat belanja di DKI Jakarta bukan merupakan klaster covid-19. Kami telah disiplin dalam protokol kesehatan. Kami tidak menginginkan masyarakat yang datang ke pusat perbelanjaan nantinya bakal tidak sehat atau kurang aman," kata Ellen dalam konferensi pers secara virtual, Senin (18/1).

Adanya pembatasan jam operasional hingga kapasitas pengunjung hanya 25% selama PPKM, dianggap memberatkan pihak mal, termasuk tenant dan restoran atau kafe. 

Baca juga : Gerindra: Pemprov DKI Tidak Sigap Antisipasi Longgarnya Prokes

Ellen meminta pemerintah untuk melakukan kajian terkait tempat mana saja yang seharusnya diberlakukan pembatasan aktivitas dalam rangka penekanan penularan covid-19. 

"Kami ingin agar pemerintah juga melakukan suatu kajian yang tepat sebenarnya yang namanya klaster covid-19 di mana sih? Sehingga pada saat pengawasan, itu benar-benar tepat sasaran," ujar Ellen.

Dia mengatakan, kebijakan PPKM terasa berat sebelah bagi asosiasi mal. Ellen membandingkan sejumlah restoran yang berada di luar mal yang diperbolehkan buka hingga pukul 00.00 WIB. Namun, lanjutnya, mal sendiri dibatasi sampai pukul 19.00 WIB.

"Fenomena ini menurut kami sangat membahayakan karena kami khawatir bahwa di luar sana, resto-resto itu mungkin boleh dikatakan jauh dari penerapan protokol kesehatan dibandingkan yang sudah kami lakukan," tuding Ellen. (OL-7)

Baca Juga

MI/Vicky Gustiawan

Tak ada Kasus Covid-19 dari Sepekan Uji Sekolah Tatap Muka di DKI

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 13 April 2021, 23:48 WIB
"Sejauh ini belum ada laporan. Mudah-mudahan jangan sampai ada laporan yang enggak baik," kata pria yang akrab disapa Ariza...
Dok MI

Anies: Kemenangan ada di Depan Mata, Tahan Godaan

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 13 April 2021, 23:02 WIB
"Kemenangan itu sudah di depan mata, kita sudah menuju kondisi yang lebih baik. Mari kita tahan diri. Mari kita tetap disiplin,”...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Dinas Gulkarmat DKI Akan Periksa Proteksi Kebakaran di Pasar

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 13 April 2021, 21:45 WIB
Sebelumnya, kebakaran terjadi di Pasar Lontar dan Pasar Kambing pada Kamis, 8 April 2021 lalu. Kedua pasar ini posisinya bersebelahan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya