Jumat 15 Januari 2021, 05:30 WIB

DKI Jakarta Siapkan 488 Lokasi Vaksinasi

(Put/J-1) | Megapolitan
DKI Jakarta Siapkan 488 Lokasi Vaksinasi

ANTARA/APRILLIO AKBAR
VAKSINASI COVID-19 MULAI DI JAKARTA: Petugas medis menunjukkan kartu vaksinasi covid- 19 sebelum dimulainya penyuntikan vaksin CoronaVac

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta menyiapkan sekitar 1.500 tenaga vaksinator untuk melakukan vaksinasi covid-19 yang dimulai sejak kemarin di Ibu Kota. Para tenaga vaksinator ini telah mendapat bimbingan dan pelatihan dari Kementerian Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan tenaga vaksinator di Jakarta cukup berpengalaman dalam melakukan vaksinasi karena rutin memberikan imunisasi dasar bagi anak-anak.

"Tenaga vaksinator siap untuk menjalankan vaksinasi di 488 fasilitas kesehatan yang sudah terdaftar siap program vaksinasi covid-19," kata Widyastuti dalam konferensi pers daring, kemarin.

Jumlah sasaran orang untuk vaksin covid-19 ialah 19.741 orang target vaksinasi per hari. Pemerintah juga telah memberikan pelatihan bagi vaksinator covid-19 dengan total peserta sebanyak 2.325 orang.

Meski berpengalaman, Widyastuti tetap memberikan pembekalan bertahap kepada tenaga vaksinator tersebut. Sebabnya, untuk kali ini jumlah warga yang mendapat vaksin cukup banyak, yakni 7,9 juta orang. Jumlah itu ialah jumlah warga yang diklasifikasikan berdasarkan usia yang diprioritaskan mendapat vaksin oleh pemerintah, yakni rentang 18-59 tahun.

"Tentunya kami memiliki tenaga vaksinator yang berpengalaman karena di puskesmas itu rutin memberikan imunisasi dasar kepada anak-anak. Kami juga sudah pernah melakukan vaksinasi dalam jumlah besar, yakni 2 juta saat wabah difteri. Tapi, karena ini jumlahnya akan sangat banyak, tentu membutuhkan pelatihan-pelatihan agar persiapannya matang," jelas Widyastuti.

Di samping itu, tenaga vaksinator ini juga akan menyosialisasikan dampak atau efek samping yang bisa terjadi setelah mendapat vaksin beserta penanganannya.

Widyastuti menyatakan telah menerima vaksin Sinovac dari PT Bio Farma sejak 4 Januari 2021 sebanyak 39.200 dosis, lalu 7 Januari sebanyak 39.200 dosis, dan pada 11 Januari sebanyak 41.640 dosis, yang disimpan di Cold Room Gudang Vaksin Dinas Kesehatan DKI Jakarta. (Put/J-1)

Baca Juga

Antara

Lusa, Kota Bogor Lakukan Vaksinasi Covid Tahap II

👤Dede Susianti 🕔Selasa 26 Januari 2021, 22:35 WIB
PEMKOT Bogor terima vaksis Sinovac tahap kedua sebanyak 5 box dengan jumlah 9.160 dosis. Dari jumlah itu sebanyak 10 dosis khusus untuk...
Antara

Bela Gubernur Anies, PAN: Urus Jakarta Mirip Urus Indonesia

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 26 Januari 2021, 21:16 WIB
Menurut Politisi PAN, mengurus Jakarta bisa dikatakan mirip dengan sulitnya mengurus...
Antara

Kapasitas Rawat Covid-19 Akan Dinaikkan jadi 50% di Tiap RS

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 26 Januari 2021, 21:05 WIB
Tidak hanya dengan menambah kapasitas dari 30% menjadi 50% dari kapasitas RS, Pemprov DKI juga mengajak rumah sakit swasta menjadi RS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya