Minggu 27 Desember 2020, 00:30 WIB

Pakar Sarankan Anies Tarik Rem Darurat, Bukan Cuma PSBB

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pakar Sarankan Anies Tarik Rem Darurat, Bukan Cuma PSBB

Antara
Ilustrasi calon penumpang liburan natal

 

EPIDEMIOLOG Universitas Indonesia Tri Yunis Miko menyayangkan kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hanya memperpanjang PSBB Transisi di masa liburan akhir tahun ini.

Padahal, di tengah situasi kasus baru covid-19 yang terus menanjak sejak pertengahan Desember, Yunis berpendapat sudah sepatutnya Anies mengambil kebijakan rem darurat.

"Kalau mau serius menangani covid di akhir tahun, harusnya rem darurat dan kembali ke PSBB ketat. Bukan malah memperpanjang transisi," kata Yunis saat dihubungi Mediaindonesia.com, Sabtu (26/12).

Ia menilai Anies seakan tak belajar dari momen liburan sebelumnya yang terbukti membuat kasus baru covid-19 semakin melonjak tinggi.

Menurutnya, dengan PSBB ketat, mobilitas warga terbukti bisa berkurang hingga 50%. Aktivitas warga yang berkurang tentunya berdampak langsung dengan interaksi.

"Berkurangnya interaksi antarwarga tentunya mengurangi potensi transmisi virus. Oleh karenanya, PSBB ketat lebih efektif," ujarnya.

Ia juga berpendapat berbagai langkah pengetatan seperti penutupan jam operasional restoran, perkantoran, maupun pusat perbelanjaan lebih awal juga tidak banyak membantu pengendalian penularan covid-19.

"Kita lihat nanti. Usai liburan kasus akan melonjak lagi bisa 1,5 kali sampai 2 kali lipat dari kasus harian," tandasnya. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Kasus Aktif Covid-19 Kota Bekasi Tembus 524 Orang

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:43 WIB
Ia menjelaskan, sejauh ini total kasus kumulatif sebanyak 164.558...
Dok. Primaya Hospital

Primaya Hospital Berikan Layanan Khitan Gratis di Gandaria

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:30 WIB
Sirkumsisi atau khitan merupakan salah satu tindakan medis yang bermanfaat bagi...
MI/Ramdani

Anies Deklarasikan Jakarta Sebagai Kota Global

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:02 WIB
Menurut Anies Baswedan, ada sejumlah indikator yang membuat Jakarta layak sebagai kota global. Seperti, didukung sarana berstandar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya