Minggu 16 Mei 2021, 19:05 WIB

Pengelola Objek Wisatadi DIY Lemah Terapkan Aturan Prokes

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Pengelola Objek Wisatadi DIY  Lemah Terapkan Aturan Prokes

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Suasana pagi di kawasan Taman Wisata Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

 

PENGELOLA objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta lemah dalam menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, Satpol PP DIY masih menemukan banyak wisatawan yang tidak memakai masker dan wisatawan luar DIY yang tidak membawa surat hasil rapid test.

Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad menyampaikan, pihaknya melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan di 37 objek wisata di DIY. Hasilnya, masih banyak ditemukan pengunjung objek wisata yang tidak memakai masker.

"Dari tanggal 13-15 mei 2021, ada 878 pelanggaraan ditemukan di objek wisata," kata Noviar, Minggu (16/5). Mereka melanggar protokol keaehatan karena tidak memakai masker.

Selain itu, pihaknya juga mendapati banyak wisatawan dari luar DIY yang berkunjung ke 37 objek wsiata tersebut. Banyak dari mereka yang tidak dapat mununjukkan surat hasil rapid test Covid-19.

"Kami bisa melakukan putar balik (wisatawan luar DIY yang tidak membawa hasil rapid test) karena yang mengizinkan masuk adalah penjaga di pintu masuk retribusi," kata dia.

baca juga: Klaster tempat wisata

Pihaknya hanya melakukan patroli dan pengecekan di dalam kawasan objek wisata. Dari patroli di objek wiaata, kebanyakan wisatawan dari luar DIY berasal dari Jawa Tengah.

"Belum optimalnya petugas di pintu retribusi yang mengecek terkait surat-surat (rapid test) dan penggunaan masker," kata dia.

Objek wisata di DIY mulai ramai dikunjungi wisatawan pada 14 Mei hingga hari ini, 16 Mei 2021. Kerumunan-kerumunan pun tampak di beberapa objek wisata dan itu sulit dihindari, seperti di Pantai Glagah. Mereka biasanya berkerumun dalam satu keluarga. (OL-3)

 

Baca Juga

Dok: BPPTKG

Guguran Lava Pijar Gunung Merapi Mewarnai Malam

👤Agus Utantoro 🕔Senin 21 Juni 2021, 08:32 WIB
Petugas Pos Pengamat Gunung Merapi Rachmad Widyo Laksono mengemukakan guguran lava pijar tersebut mencapai jarak 1.000 meter dari...
Ilustrasi

Kasus Covid-19 di Klaten Tambah 85 Orang, 4 Meninggal

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 21 Juni 2021, 08:18 WIB
Dengan penambahan kasus positif tersebut, maka total kasus covid-19 kini menjadi 10.554...
Ilustrasi

Kadis Inspektorat Sikka Positif Covid-19

👤Gabriel Langga 🕔Senin 21 Juni 2021, 08:12 WIB
"Iya benar Kadis Inspektorat Sikka terpapar covid-19. Saat ini yang bersangkutan menjalani karantina mandiri di rumah. Kondisinya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya