Minggu 16 Mei 2021, 19:11 WIB

Pengunjung Positif Covid-19, Lokasi Wisata di Indramayu Tutup

Nurul Hidayah | Nusantara
Pengunjung Positif Covid-19, Lokasi Wisata di Indramayu Tutup

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Pengunjung menikmati suasana liburan di pantai Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (14/5/2021)

 

SETELAH ditemukan pengunjung terkonfirmasi positif covid-19, semua lokasi wisata di Kabupaten Indramayu ditutup. Penutupan berlangsung hingga batas waktu yang belum ditentukan. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu menutup semua obyek wisata di Kabupaten Indramayu, Minggu (16/5) sejak pukul 11.30 WIB sampai batas waktu tidak ditentukan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu, Rinto Waluyo memantau langsung penutupan obyek wisata di Kabupaten Indramayu. Penutupan diawali dari Pantai Karangsong, Pantai Balongan Indah dan sejumlah lokasi wisata lainnya.

"Keputusan ini kami ambil untuk melindungi masyarakat agar tidak terpapar covid-19," tegas Rinto.

Ditambahkan Rinto, pihaknya tidak menginginkan kejadian di negara lain, salah satunya India, terjadi di Kabupaten Indramayu. Banyaknya masyarakat yang berkerumun di tempat yang sama membuat mengakibatkan lonjakan kasus covid-19 di negara tersebut.

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu telah mengeluarkan surat edaran penutupan lokasi obyek wisata sejak 13 Mei 2021. Namun keberadaan surat edaran tersebut ternyata tidak dipatuhi oleh pengelola obyek wisata. Mereka justru memilih untuk tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Serta membatasi jumlah pengunjung hanya 25 persen.

Satgas Covid-19 kemudian melakukan rapid antigen secara acak kepada pengunjung obyek wisata. Hasilnya, ada pengunjung dari luar Kabupaten Indramayu yang dinyatakan positif terkonfirmasi covid-19. Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara membenarkan ada pengunjung obyek wisata yang positif. Untuk itu  Forkopimda sepakat semua obyek wisata ditutup mulai hari ini agar tidak muncul kasus baru di obyek wisata di Kabupaten Indramayu.

baca juga: Klaster tempat wisata

Setelah ada perintah penutupan secara serentak Satgas Covid-19 yang ada di tingkat kecamatan langsung melakukan penutupan berbagai obyek wisata. Salah satunya di Kecamatan Juntinyuat. "Karena ini perintah, kami langsung laksanakan," tegas Camat Juntinyuat, M. Nurulhuda.

Bahkan Nurulhuda juga menyambut baik kebijakan penutupan obyek wisata mengingat di wilayahnya cukup banyak obyek wisata. "Kami juga akan awasi pelaksanaannya," tegas Nurul. (N-1)

 

Baca Juga

Biro Pers Setpres

Jokowi Minta Lahan Ditanami untuk Antisipasi Krisis Pangan

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 07 Juli 2022, 23:36 WIB
Jika program tersebut bisa dijalankan dan memberi hasil optimal, ia meyakini Indonesia akan terlepas dari ancaman krisis...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Tiga Kelompok Warga Minta Maaf terkait Kerusuhan Babarsari

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 23:10 WIB
Kerusuhan di Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman, Senin (4/7) siang, mengakibatkan sejumlah ruko dan sepeda motor...
ANTARA/Dedhez Anggara

Bupati Cirebon Dilaporkan ke Polisi atas Dugaan Santet

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 07 Juli 2022, 23:00 WIB
Merasa tidak pernah melakukan yang dituduhkan oleh Imron, lantas Ivan meminta konfirmasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya