Rabu 02 Desember 2020, 10:21 WIB

2021, Jakarta akan Bangun 150 Ribu Sumur Resapan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
2021, Jakarta akan Bangun 150 Ribu Sumur Resapan

MI/ BARY FATHAHILAH
Petugas Dinas Sumber Daya Air membuat sumur resapan air di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

 

PROVINSI DKI Jakarta akan membuat 150 ribu sumur resapan di seluruh wilayah sebagai upaya mengatasi banjir dan penguatan bahan baku air tanah. Hal tersebut dituangkan dalam Rancangan APBD 2021 yang sedang digodok antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta.

"Program ini secara prinsip sudah dimatangkan Komisi D yang membidangi masalah infrastruktur dan pembangunan dan Dinas Sumber Daya Air (SDA) sebagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang bertanggung jawab atas pelaksanaannya nanti," kata Anggota Komisi D DPRD DKI Dedi Supriadi, Selasa (1/12).

Menurut Dedi, program itu menunjukkan keseriusan Pemprov dalam mengatasi dampak banjir sekaliigus sebagai konservasi air sehingga air hujan ataupun air habis pakai tidak langsung dialirkan ke saluran yang muaranya sampai ke laut.

Baca juga: DPRD DKI Setuju Tambah Subsidi untuk Trans-Jakarta

"Jika air diserap dulu ke tanah melalui sumur resapan ini, debit air di saluran juga akan berkurang, kemudian persediaan air tanah juga terjaga," tutur anggota DPRD dari Fraksi PKS itu.

Nantinya, tambah Dedi, 150 ribu sumur resapan ini akan ditempatkan di lahan-lahan milik Pemprov DKI seperti perkantoran dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) lainnya.

"Namun, Dewan juga meminta Pemprov menanam sumur resapan ini di daerah-daerah yang sering kali mudah mengalami genangan saat hujan turun," ujar anggota DPRD dari Dapil Jakarta Selatan itu.

Sumur resapan nantinya dalam beberapa bentuk, di antaranya beton, sumur dalam, dan modular tank.

"Tentu hal tersebut mempertimbangkan banyak hal seperti kapasitas air yang ingin diserap dan medium tempat ditanamnya," pungkas Dedi. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Awal 2021, Klaster Keluarga Jadi Sumber Penularan Covid-19

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:40 WIB
Sementara itu, untuk klaster perkantoran justru menurun hanya 2,7%. Data ini dihimpun selama sepekan penyelenggaraan PPKM yakni, 11-17...
MI/Andri W

Transjakarta Sediakan Feeder Khusus Rute Harmoni – Pasar Baru

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:22 WIB
TRANSJAKARTA menyediakan feeder atau bus pengumpan khusus untuk rute Harmoni – Pasar Baru. Layanan tersebut resmi beroperasi mulai...
Antara

Urus Tilang di Kota Tangerang Cukup Dari Rumah

👤Sumantri 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:15 WIB
MASYARAKAT yang kena tilang di Kota Tangerang cukup menunggu di rumah untuk menyelesaikan administrasinya. Jika mengurus ke Kejaksaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya