Sabtu 28 November 2020, 18:10 WIB

Efek Rizieq, Pencopotan Pejabat DKI Jangan Berhenti di Wali Kota

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Efek Rizieq, Pencopotan Pejabat DKI Jangan Berhenti di Wali Kota

AFP
.

 

PENGAMAT kebijakan publik Trubus Rahadiansyah mengapresiasi keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mencopot dua pejabat DKI sebagai dampak dari timbulnya kerumunan acara Rizieq Shihab pada 14 November lalu.

Terhitung sejak 24 November, dua pejabat DKI yakni Bayu Meghantara dan Andono Warih dicopot dari masing-masing jabatannya sebagai Wali Kota Jakarta Pusat dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

"Ya sudah tepat itu. Kan saat diperiksa di Polda Metro Jaya pun sudah ada titik terang bahwa dikatakan ada unsur pidana. Jadi yang menyangkut kasus itu ya harus dicopot," kata Trubus saat dihubungi Mediaindonesia.com, Sabtu (28/11).

Trubus berharap pencopotan ini tidak berhenti pada dua pejabat tersebut. Karena menurutnya cukup banyak unsur yang terlibat seperti Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

"Jadi jangan berhenti sampai Pak Wali Kota. Pejabat lain yang terindikasi juga lebih baik dibebastugaskan," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir mengatakan Wali Kota Jakpus Bayu Meghantara dan Kepala Dinas LH Andono Warih dicopot dari jabatannya karena dianggap melanggar perintah gubernur dalam penanggulangan wabah covid-19.

Bayu dianggap lalai dalam menegakkan PSBB sehingga kerumunan terjadi di acara yang diselenggarakan oleh Rizieq Shihab pada 14 November lalu. Selain itu, Kadis LH Andono Warih dianggap melanggar karena mengirimkan fasilitas toilet mobile ke lokasi acara. Padahal Pemprov DKI Jakarta dilarang memberikan fasilitas apapun pada acara yang dapat memicu kerumunan massa. (OL-8)

 

Baca Juga

Antara

Polres Jakbar Bekuk Bandar Sabu Jaringan Palembang

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 24 Januari 2021, 23:07 WIB
Dari tangan D aparat kepolisian mengamankan 5 paket besar dan jika ditotal dengan tersangka S maka jumlah sekitar 6 paket...
Antara

Anies Perpanjang PPKM Hingga 8 Februari

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 24 Januari 2021, 22:47 WIB
Jam operasional tempat usaha mengalami pelonggaran dari sebelumnya dibatasi maksimal sampai pukul 19.00 menjadi jam...
Antara

Baru 23% Tenaga Kesehatan di Bogor Daftar Vaksinasi Korona

👤Dede Susianto 🕔Minggu 24 Januari 2021, 22:19 WIB
Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Bogor, per 22 Januari hingga pukul 19.00, baru 2.263 orang atau 23.74% yang sudah divaksin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya