Sabtu 28 November 2020, 13:51 WIB

Efek Rizieq, Anies Copot Wali Kota Jakpus

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Efek Rizieq, Anies Copot Wali Kota Jakpus

Antara
.

 

WALI Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara dicopot dari jabatannya. Penggantinya ialah Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi pun ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakarta Pusat.

Keputusan ini tertuang dalam surat bernomor 855/-082.74. Surat itu berisi dua butir perintah yakni pertama, Irwandi ditugaskan untuk menjadi Plh Wali Kota Jakarta Pusat.

"Sehubungan dengan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dibebaskan sementara dari tugas dan jabatannya, maka dengan ini memerintahkan Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi untuk menjadi Plh Wali Kota Jakarta Pusat," demikian bunyi surat tersebut yang dikutip Mediaindonesia.com, Sabtu (28/11).

Irwandi terhitung mulai menjadi Plh Wali Kota Jakarta Pusat pada 25 November sampai pejabat definitif kembali dapat melaksanakan tugas.

Kemudian pada butir kedua, Irwandi diingatkan bahwa Plh tidak memiliki kewenangan untuk dapat mengambil atau menetapkan keputusan dan atau yang bersifat strategis.

"Antara lain penetapan perubahan rencana strategis, rencana kerja pemerintah, dan perubahan status hukum kepegawaian seperti pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pegawai," lanjut bunyi surat tersebut.

Surat itu ditandatangani oleh Penjabat Sekda DKI Sri Haryati pada 25 November 2020.

Pencopotan Bayu Meghantara disinyalir sebagai imbas dari kerumunan massa yang ditimbulkan oleh Rizieq Shihab di Petamburan pada 14 November. 

Padahal, Bayu sudah mengirimkan surat peringatan pada 13 November agar Rizieq Shihab mengurungkan niatnya untuk menyelenggarakan pesta pernikahan anaknya dan berbarengan menyelenggarakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Namun, peringatan itu tak didengar. Acara tetap dilaksanakan dan dihadiri oleh ribuan orang yang mengabaikan protokol kesehatan. Selain Bayu, sejumlah pejabat di tubuh Polda Metro Jaya sudah lebih dahulu terkena imbas kerumunan itu.

Kapolri Jenderal Idham Aziz sebelumnya mencopot Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana serta Kapolres Metro Jakarta Pusat Heru Novianto terkait kegagalan dua pemimpin itu mencegah kerumunan yang ditimbulkan Rizieq. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Awal 2021, Klaster Keluarga Jadi Sumber Penularan Covid-19

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:40 WIB
Sementara itu, untuk klaster perkantoran justru menurun hanya 2,7%. Data ini dihimpun selama sepekan penyelenggaraan PPKM yakni, 11-17...
MI/Andri W

Transjakarta Sediakan Feeder Khusus Rute Harmoni – Pasar Baru

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:22 WIB
TRANSJAKARTA menyediakan feeder atau bus pengumpan khusus untuk rute Harmoni – Pasar Baru. Layanan tersebut resmi beroperasi mulai...
Antara

Urus Tilang di Kota Tangerang Cukup Dari Rumah

👤Sumantri 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:15 WIB
MASYARAKAT yang kena tilang di Kota Tangerang cukup menunggu di rumah untuk menyelesaikan administrasinya. Jika mengurus ke Kejaksaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya