Selasa 29 September 2020, 03:25 WIB

Sekda Depok Instruksikan Pembongkaran Bangunan Liar di Sungai

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Sekda Depok Instruksikan Pembongkaran Bangunan Liar di Sungai

MI/Usman Kansong
Bangunan Ilegal di seberang Perumahan Gema Pesona Estate (GPE), di Kampung Serab RT 005/05, Kelurahan Tirtajaya, Kota Depok.

 

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono memerintahkan Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok untuk membongkar bangunan liar di badan anak sungai Ciliwung seberang Perumahan Gema Pesona Estste (GPE).

"Saya ingatkan bongkar bangunan liar yang berdiri di badan anak sungai Ciliwung seberang GPE. Satpol PP harus berani menegakkan aturan tanpa pandang bulu, " tegas Hardiono dihubungi, Senin (28/9).

Hardiono menegaskan bangunan liar di RT OO5 RW O5 Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya, Kota Depok mengganggu aliran sungai sehingga perlu dibongkar.

"Saya perintahkan Satpol PP segera layangkan surat peringatan (SP) pada pemilik bangunan yang ada di bantaran anak sungai seberang GPE itu agar membongkar bangunannya.

"Jika surat peringatan tak digubris oleh pemilik bangunan, petugas Satpol PP secepatnya mengambil langkah tegas, " tandas Hardiono.

Bangunan tanpa IMB yang berada di garis sempadan membahayakan dan merusak estetika tata ruang dan turut menimbulkan banjir saat terjadi hujan.

Pembongkaran bangunan liar disana sudah sesuai aturan. Karena bangunan disana tidak memiliki dikumen pendirian bangunan yang sah.

Pemilik bangunan disans melanggar Peraturan Daerah Nomor: 18 Tahun 2003. "Jadi tidak ada toleransi bagi pemilik bangunan yang melanggar aturan tersebut," ucapnya.

Kalau tidak ditindak tegas, ucapnya akan banyak lagi tumbuh bangunan-bangunan liar. "Jadi saya perintahkan kepada Ibu Lienda Ratna Nurdianny selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja untuk membongkar bangunan itu," ungkapnya.

Menurutnya, selain di seberang GPE banyak sekali bangunan-bangunan liar yang kontruksinya tidak memungkinkan dan bisa membahayakan warga setempat.

Hardiono juga mengimbau kepada pemilik bangunan liar ini agar membongkar bangunannya. "Hari ini saya mengimbau kepada pemilik bangunan ini untuk membongkar bangunannya. (OL-4)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

Evaluasi HBKB, Koalisi Pejalan Kaki Soroti Rendahnya Pemindaian Peduli Lindungi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 25 Mei 2022, 22:26 WIB
"Nah di rapat evaluasi kemarin juga jadi sorotan terkait dengan masih sedikitnya publik yang melakukan pemindaian QR code," kata...
Antara/Dhemas Reviyanto

Koalisi Pejalan Kaki Minta Satgas Penanganan Covid-19 Bikin Panduan HBKB

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:00 WIB
Panduan teknis itu berisikan berbagai ketentuan dan syarat pelaksanaan HBKB, termasuk apabila nantinya ada pihak-pihak yang ingin menggelar...
Dok MI

Pakar: Penertiban Penunggak Tagihan Air Tirta Pakuan Sesuai Regulasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 20:27 WIB
Suparji Ahmad menyebut bahwa langkah Perumda sudah sesuai dengan regulasi dari Perda Nomor 5 Tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya