Minggu 30 Agustus 2020, 16:05 WIB

Pakar Minta Erick Thohir Waspadai Lonjakan Covid-19 di Jakarta

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Pakar Minta Erick Thohir Waspadai Lonjakan Covid-19 di Jakarta

MI/Andri Widiyanto
Mural covid-19 di Tebet Jakarta

 

Lonjakan kasus positif covid-19 di Jakarta terus terjadi. Bahkan kini kasus covid-19 sudah menembus lebih dari 38 ribu lebih kasus. Pakar Kesehatan Hermawan Saputra mengaku sudah meminta Ketua Komite Penanganan Covid-19 Erick Thohir untuk mewaspadai lonjakan kasus covid-19  tersebut.

"Saya sudah menyampaikan ke pemerintah melalui Erick Thohir, dengan adanya keterbukaan aktivitas, otomatis kasus naik terus. Terlebih ketika tidak ada kebijakan pengendalian covid-19 yang memadai," ungkap Hermawan, Minggu (30/8).

Ia menyarankan sebaiknya Pemerintah Provinsi DKI kembali mengetatkan aktivitas yang menyumbang kasus covid-19. Menurut Hermawan, jika tidak ada kebijakan konkret untuk membatasi gerak warga, maka harapan untuk menekan penularan covid-19 kecil.

Baca juga: Pakar Kesehatan: RS Rujukan Covid-19 di Jakarta Terisi 90%

"DKI harus siap menerapkan PSBB lagi dalam rentan dua hingga tiga minggu ke depan untuk memutus mata rantai covid-19. Dua hari terakhir bahkan rekor dengan 800 kasus lebih," jelas Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tersebut.

Sebulan lalu, Hermawan mengatakan ketersediaan kamar di rumah sakit rujukan covid-19 di Jakarta mencapai 70%. Angka tersebut akan bertambah terus dengan lonjakan kasus covid-19.

Bahkan, ia menyebut saat ini sekitar 90% kapasitas kamar di rumah sakit rujukan covid-19 di Ibu Kota terisi.

"Walaupun secara kumulatif rumah sakit rujukan covid-19 di Indonesia belum penuh, tapi khusus di DKI Jakarta mengkhawatirkan. Jangan sampai adanya bom kasus, pemerintah jadi enggak berdaya," pungkas Hermawan.

Per (29/8) jumlah kasus konfirmasi positif covid-19 di Jakarta menembus 38.166 kasus. Ada pun positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 8,9%, sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 6,1%. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Esok, Transjakarta Perpanjang Jam Oprasional

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:40 WIB
Sebelumnya, layanan Transjakarta hanya sampai pukul...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Minta Anies Mundur, Politikus Gerindra Ditegur Partai

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 25 Januari 2021, 20:37 WIB
Menurut Gerindra, kritik yang disampaikan Ali merupakan pendapat pribadi dan bukan berasal dari partai. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra...
Antara

Pemprov DKI Siapkan Lahan Baru untuk Jenazah Pasien Covid-19

👤Selamat Saragih 🕔Senin 25 Januari 2021, 20:04 WIB
"Ada 190 orang yang harus dimakamkan/hari. Makanya jaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan supaya jangan terjadi kematian tiap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya